Cara Menjalin Keberagaman Indonesia Antar Masyarakat

Keberagaman Indonesia
Pict by : https://baliexpress.jawapos.com


Negara lain sudah tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan keberagaman yang begitu banyak. Keberagaman Indonesia harus tetap di rangkai dengan baik. Karena, jika dirangkai dengan baik akan membuat masyarakat menjadi lebih rukun. Jangan sampai, keberagaman ini dirusak begitu saja oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai masyarakat, sudah seharusnya menjalin hubungan yang baik antar sesama. Jika jalinan sudah di lakukan dengan baik, bukan tidak mungkin dapat saling membantu jika terdapat masalah. Sejatinya, hal inilah yang harus dilakukan dengan benar. Sebagaimana tertuang pada sila ketiga dalam pancasila yang berbunyi “persatuan indonesia”. Karena itu, harus paham apa saja cara menjalin keberagaman Indonesia.
Cara Menjalin Keberagaman Indonesia
Banyak cara yang bisa digunakan untuk tetap menjalin keberagaman di Indonesia. Jangan jadikan keberagaman ini untuk perbedaan, justru harus tetap disatukan.
Saling Menghormati
Hal terpenting yang harus dilakukan antar masyarakat yaitu dengan saling menghormati. Dengan saling menghormati, akan sangat memberikan kesejukan. Indonesia memiliki banyak sekali suku,ras, agama dan budaya serta lainnya. Jadi, cukup dengan saling menghormati satu sama lainnya. Karena, menghakimi dengan pendapat pribadi tentu sangat tidak diperbolehkan.
Karena itu, alangkah baiknya untuk bisa saling menghormati. Dengan saling menghormati tidak ada permasalahan. Sebagaimana apa yang telah diperjuangkan oleh para pejuang jaman dahulu yaitu persatuan Indonesia.
Membantu Antar Masyarakat
Menjalani kehidupan memang harus dengan bersama-sama. sejatinya, manusia merupakan makhluk yang berjiwa sosial. Artinya, tidak bisa hidup dengan sendiri. Justru, dengan bersama-sama akan menjadi lebih baik. Termasuk dalam hal ini untuk dapat membantu antar masyarakat. Mengapa hal ini sangat penting?
Saling membantu satu sama lain akan memberikan hal yang baik bagi anda. Jika saatnya anda membutuhkan bantuan, sebaliknya orang lain juga akan siap membantu anda. Jadi, keberlangsungan kehidupan juga akan tertanamkan dengan baik. Keberagaman bukan di jadikan perbedaan, melainkan harus saling menguatkan satu sama lain!
Menjalin Tali Silaturahmi
Silaturahmi antar masyarakat juga harus dirangkai dengan baik. Dengan hubungan yang baik maka akan sangat membantu dalam membuat persatuan Indonesia lebih baik. Jangan sampai, karena hubungan yang tidak baik kemudian justru menjadi perusak dari persatuan. Adanya keberagaman ini akan menjadi indah jika disatukan.
Jangan jadikan perbedaan sebagai penghalang untuk dapat menjalin silaturahmi. Karenanya, alangkah baiknya bisa menjalin tali silaturahmi. Utamanya, dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Kemudian, bisa bergerak ke yang lebih tinggi. Karena, jika lingkungan sudah berjalan dengan baik bisa menjadi modal utama untuk meningkatkan persatuan Indonesia.
Mengakui Persamaan Derajat
Semua manusia memiliki derajat yang sama. Untuk itu, tidak ada yang boleh saling menjatuhkan satu sama lainnya. Bahkan, sombong dengan apa yang dimiliki. Tuhan Yang Maha Esa memberikan derajat yang sama kepada setiap manusia. Dengan begitu, seharusnya bisa bersatu bukan saling menjatuhkan.
Terutama, untuk meningkatkan persatuan Indonesia. Karena, negara Indonesia memang memiliki keberagaman yang tinggi. Untuk itu, diperlukan kontribusi masyarakat yang baik agar dapat membuat persatuan berjalan dengan baik. Jadi, tetap rendah hati dan jalin persatuan antar warga negara!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Semogaa bisa selalu melaksanakan hal hal diatas dikehidupan dunia nyata :')

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)