[Diary Jobseeker] Pegalaman Tes dan Kerja di Shopee Indonesia

by - 11:07:00 AM



Hai hai semuanya, kali ini mau berbagi cerita tentang pengalaman tes dan kerja di Shopee. Sebenernya, pengen banget dari dulu cerita ini. Tapi ketunda mulu, pengennya nulisnya berurutan gitu tapi apalah daya aku ini yang sok sibuk. Jadi simak baik-baik ya Pengalaman Tes dan Kerja  saya di Shopee Indonesia.

Okedeh, mulai aja ya ceritanya.

Saya lupa sih dimana tepatnya saya melamar kerja di Shopee, ntah lewat webnya atau dari Kalibrr soalnya banyak banget saya applay kerjaan sampai lupa. Kalo ingatan saya betul, saya melamar lewat Kalibrr. Waktu itu tanggal 28 Maret 2018 siang hari ketika saya mau berangkat tes TAF di Universitas Brawijaya, saya dapat email untuk tes di Shopee, besok di Jakarta. Wah gilasih batin saya. Baru aja di tgl 28 itu saya nyampe di Malang dari Jakarta (setelah ada tes BNI), ya keleuuus saya di tgl 28 itu harus balik lagi ke Jakarta, remuk badan ini bang. Akhirnya saya mencoba melobby untuk reschedule jadwal tes. Mikir saya waktu itu sih kalo bisa ya Alhamdulillah, kalo gak bisa ya gak rezeki dari pada saya sakit bolak-balik.

Esok harinya, email saya untuk reschedule dapat balasan. Katanya sih saya bisa ikutan tes di next tes dan akan dihubungi lagi. Legaaanyaaa, soalnya kebetulan saya gak ada panggilan tes yang saya tolak. Semua saya datangi, berharap dari semua itu ada satu yang nyantol ke saya.

Setelah satu mingguan dari email terakhir, saya dapat email lagi kalo harus tes di Jakarta. Jadwal tesnya itu 4 hari setelah saya menerima email. Setidaknya saya harus berangkat besok, atau lusa. Waktu itu berat banget buat saya ke Jakarta, selain ongkosnya yang saya harus minta uang orang tua lagi, saya takut aja gagal seperti tes-tes saya lainnya. Jadi setelah menerima email itu, saya gak langsung bilang orang tua. Saya coba nunggu pengumuman dari BNI, siapa tau saya lolos dan bisa tes barengan. Jadi ke Jakarta gak Cuma tes di Shopee aja.

Mikir tuh saya selama seharian, mau makan kaya gak enak, diajak ngobrol gak nyambung, yaudah deh saya cerita aja sama orang tua saya. Mereka sebenarnya mengizinkan untuk saya tes, tapi mereka takut saja kalo saya kecapekan. Karena saya juga capek nganggur, akhirnya saya memutuskan untuk berangkat tes di Shopee ke Jakarta dengan naik kereta dengan waktu yang sangat mepet. Iya mepet, karena besok pagi saya tes tapi sore hari saya baru berangkat dari rumah. Otomatis nyampe Jakarta langsung tes, inilah akibat dari kebanyakan mikir haha.

ibu bapak saya ajak lihat kantor :D

Tapi, Tuhan maha baik kepada saya. Pas sore hari nunggu kereta di stasiun, saya dapet email bahwa saya lolos tes di BNI dan tiga hari lagi medical check up. Seneng banget, jadi saya ke Jakarta gak Cuma punya satu tujuan. Yang paling menyenangkan lagi, di sore hai itu saya juga dapat email dari Shopee bahwa tesnya diundur jadi lusa yang harusnya besok. Alhamdulillah Ya Allah, hambamu ini setidaknya bisa istirahat dan belajar dulu.

Cerita drama mau ikut tes Shopee sampai disitu aja ya, sekarang mari kita mulai tahapan tesnya.

Tahapan Tes di Shopee Indonesia

Interview Singkat

Waktu itu sebelum psikotes, kami semua yang ikutan tes di wawancara singkat oleh HRD. Oh ya, sebelumnya kita juga diminta menyerahkan CV, Transkip, sama KTP kalo gak salah ya. Dalam wawancara singkat ini kita diminta meperkenalkan diri, nyeritain pengalaman organisasi, pengalaman kerja atau magang, alasan kenapa mau kerja di Shopee, dan ditanya tentang seberapa banyak penguasaan kita tentang excel. Kita disuruh sebutin beberapa rumus excel dan penggunaannya. Setelah itu kita keluar dan diminta nunggu untuk tahapan tes berikutnya.

Psikotes

Psikotesnya ini kalau gak salah inget ada dua tahapan dan sistemnya gugur. Jadi dites pertama itu kita disuruh menjumlahkan huruf alias tes Krapelin dan Pauli. Duh batin saya, kenapa tesnya dimulai dengan tes itu. Memang sih saya sudah beberapa kali tes seperti ini, Cuma saya masih trauma aja pernah gagal di tes ini. Karena itu di tes Krapelin dan Pauli untuk kesekian kalinya itu saya lebih tenang dan santai, gak terlalu ngejar yang banyak hasilnya.

Setelah tes itu, kami diminta nunggu sekitar setengah jaman untuk mengetahui hasil dan melanjutkan tesnya. Alhamdulillah, waktu itu saya lolos untuk tahapan tes selanjutnya. Next psikotes adalah nyocokin gambar, menjumlahkan angka, nyari persamaan-perbedaan, dan ada yang disuruh mengurutkan bangun dan semuanya itu diberi waktu. Wah, gagap langsung dong saya takut gak selesai, bener aja dong pas yang waktu ngurutin bangun ada yang gak selesai, but i try my best jadi semuanya tinggal saya serahkan ke Tuhan.

Wawancara HRD

Sekitar tiga hari setelah psikotes saya dapat email bahwa saya lolos ke tahap tes berikutnya yaitu wawancara. Oh ya, fyi aja ya kalo tes BNI yang saya ceritakan diatas itu bener-bener barengan sama tes Shopee ini. Jadi setelah tes Shopee, dua hari kemudian tes kesehatan BNI, dan esoknya wawancara HRD di Shopee. Sebelum saya tes, saya siapkan semua berkas yang diminta seperti CV, Foto copy KTP, transkip, piagam-piagam dan tentunya saya siapkan pertanyaan yang mungkin muncul dan jawaban terbaik saya.

Kira-kira pertanyaan dan jawaban yang saya siapkan waktu adalah seperti ini :
  • Perkenalan diri dengan penjelasan sedikit perezzzz 
  • Penjelasan waktu kuliah apa saja yang saya lakukan (organisasi, panitia, kegiatan sosial, jadi asisten dosen, nyari sampingan ngelesi) dan kegiatan apa saja yang saya lakukan ketika nganggur dan nunggu panggilan kerja. Gak munafikkan kalo kita juga nunggu panggilan kerja lain.
  • Sedikit menjelaskan kenapa ingin gabung di shopee, biar lebih meyakinkan kenapa HRD harus recrut kalian. Pokoknya kalian cari tau aja Shopee itu apa dan gimana, ada di profile perusahaan biasanya.
  • Kalian juga wajib tau bagian yang kalian daftari itu nanti kerjanya ngapain aja, jadi bisa di sambung-sambungkan dengan jurusan kalian. Apalagi yang jurusannya abu-abu seperti saya, harus pinter-pinter cari alasan kan.
  • Waktu itu saya juga nyiapin kalo-kalo ditanya tentang magang saya, soalnya magang itu kan wajib buat semua mahasiswa. Kalo mahasiswa belum pernah kerja ya pengalaman kerjanya di magang itu. Jadi siapkan saja penjelasan tentang magang kalian itu ngapain dan relasinya ke jurusan, bahkan kerjaan yang kalian ambil.
  • Kalian juga bisa siapkan jawaban tentang isi skripsi kalian. Soalnya waktu itu saya sempet ditanya tentang skripsi.
  • Kelebihan dan kekurangan. Ini sering kali juga ditanya ketika interview. Hati-hati sekali ya kalo jawab, soalnya bisa jadi boomerang. Jawab sesuai dengan dirimu apa adanya. Misalkan kamu pelupa ya jelaskan saja, tapi menjelaskannya kamu juga harus disertai dengan cara kamu menangani kekuranganmu itu. Misal kamu pelupa, jadi kamu harus mencatat semua apa yang kamu lakukan dan memasang reminder. Kelebihan juga seperti itu, jangan dibuat-buat ya. Kelebihan yang kamu jelaskan cukup yang berkaitan dengan kerjaan seperti kamu patang menyerah jika gagal. Yah seperti itulah.
  • Be nice person karena ini adalah kunci. Jangan sok pinter, marah-marah, bete, dan pokoknya sok akrab aja sama interviewernya biar enak komunikasi dan gak terlihat formal banget. Apalagi di shopee yang ngewawancara Cuma beda 3 tahun dari kita, jadi enjoy aja.
  • Oh ya, jangan lupa sipakan pertanyaan seputar jenis pekerjaan yang kamu ambil.

Pengumuman dan TTD Kontrak

Sepertinya ini cerita pengalaman Joobseeker saya yang akhirnya sampai TTD kontrak, haha. Jadi tiga hari setelah interview HRD saya mendapat pengumuman bahwa saya ketrima kerja di Shopee bagian Operation Analysist. Saya senang sekali, saya langsung hubungi keluarga dan teman dekat saya, setelah penantian dan perjuangan akhirnya saya ketrima kerja juga. Seninnya saya dikirimi email bahwa saya harus datang ke kantor Shopee yang Sopo Del untuk TTD kontrak dan penjelasan sedikit tentang hak dan kewajiban. Tapi, drama tetap ada. Di hari itu saya dikabari juga oleh BNI kalo saya harus interview terakhir. Jadilah saya menunda untuk datang ke Shopee demi BNI, untung Shopee ini pengertian sekali, akhirnya saya reschedule di hari Rabunya.

Sewaktu TTD kontrak kami dijelaskan mengenai hak-hak yang kita terima seperti penjelasan gaji, BPJS, asuransi, dll. Kami juga dijelaskan job desk kami nantinya seperti apa, jam kerja, dll. Setelah TTD kami pulang dan minggu depan hari Seninnya kami bisa mulai masuk kerja.

Life at Shopee

Suasana tempat makan

Siapa sih yang gak seneng pas waktu pertama kali masuk kerja setelah ditunggu sekian purnama? Begitupun saya, rasanya tuuuh senneg banget. Sampai-sampai sehari sebelum itu orang tua saya datang dan melihat tempat kerja saya. Waktu itu saya kos sedikit jauh dari kantor, nyari yang murah dan manusiawi. Akhirnya pilihan saya jatuh di Slipi dan dekat dengan busway. Pagi itu saya sudah bangun pagi, siapkan sarapan, dan berangkat kerja dengan busway. Hmm, seperti para pekerja Ibu Kota sekali ya.

Hari pertama kami dijelaskan kembali tentang hak dan kewajiban kami. Lalu, dijelaskan mengenai organisasi di Shopee dan bagian kami itu berada di divisi yang mana. Kami juga dijelaskan mengenai event-event yang biasanya ada di Shopee seperti Orange day dan nonton film bareng.

Kemudian masuk hari kedua dan ketiga kami dijelaskan mengenai job desk dari pekerjaan kami. Oh ya, job desk pekerjaan saya tuh menganalisis apakah suatu produk itu bisa atau tidak tayang di akun Shopee, menganalisis juga caption-caption dari penjual tuh layak atau tidak, ya seperti belajar SOPnya apa dan bagaimana sih sesuatu yang bisa tayang di halaman Shopee. Menyenangkan sekali, saya banyak tau produk-produk baru yang sebelumnya saya belum tau. Dan kerjanya juga gak berhubungan sama orang lain, target itu benar-benar ditentukan oleh diri kita sendiri.

jajan jajan

Enaknya lagi kerja di Shopee itu adalah kami diberikan makan siang dan ribuan snack. Benar-benar pas istirahat itu seperti di kantin sekolah. Ada yang tempat makan berat, snack, es krim, bahkan sereal. Makanannya pun banyak jenisnya, ada bento, sayur, ikan, pokoknya apapun ada. Snacknya juga gitu, udah kaya etalase toko dijamin gendut.

Tapi perjalanan saya di Shopee Cuma sampai situ saja, saya dapat email bahwa saya ada seleksi beasiswa dan diterima di BNI. Setelah saya diskusi dengan orang tua, saya akhirnya memilih untuk meninggalkan Shopee dulu sambil mengurus beasiswa dan BNI. Sedih sih harus meninggalkan teman-teman yang sudah lumayan dekat dan nyambung. Kerjaan yang sudah menguasai dan tentunya meninggalkan kantin yang banyak sekali makanannya.

Beberapa minggu lalu saya ada ngestalk teman saya yang dulu satu batch sama saya di Shopee dan dia sudah pindah didivisi yang ngurusi event-event. Ada sedikit rasa iri di diri saya ini, duuh enaknya bisa kerja dan have fun setiap hari. Tapi semua itu ya ada plus minusnya, kalo kata ornag Jawa sih Sawang Sinawang. Kenapa? Soalnya kerja di Shopee itu kadang Sabtu/Minggu masuk jadi harus siap. Akhirnya saya menyadari, kalo saya iri terus saya tidak bisa bersyukur. Sembari saya berjuang mengejar cita-cita saya, saya coba untuk menikmati dan bersyukur atas apa yang saya miliki sekarang.

es krim terakhir nih dari Shopee, thankyou

Terimakasih Shopee untuk pengalaman berharganya, meskipun singkat tapi aku sudah cukup bahagia bisa kerja disana dan mengalami menjadi pekerja ibu kota. Yang mau kepo-kepo kerja di Shopee bisa follow Instagramnya di @lifeatshopee

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

10 comments

  1. Saya penasaran sekali dengan pengalaman bekerja di perusahaan seperti ini. Sepertinya fasilitasnya lengkap sekali ya? Walaupun kelihatannya beban kerjanya berat ^^

    ReplyDelete
  2. Seruu jg ya kerja di shopee.. Bdw itu jajananny mmg gratis khusus buat karyawan y sya? Wkwkwks psti jd memorable bgt yaa ..

    ReplyDelete
  3. Sepertinya kemaren kita ada bahas ini singkat
    Dan pasti pengalamannya seru. Btw sukses dan betah di tempat kerja barunya yaaa

    ReplyDelete
  4. Keren banget kak sumpah ... Berarti Eny dlm nyari kerja ini masih blm ada apa2nya dong yaaa... Banyak proses yang harus Eny lewati dulu

    ReplyDelete
  5. Keren yaa kerja di shopee.tapi memang hidup itu banyak pilihan sih ya. Plus minus selalu ada..bangga pernah disana

    ReplyDelete
  6. Baru tau nih mbak rizkyashya pernah kerja di Shoope, ternyata kerja di shoopee juga banyak tahapan tes nya juga ya

    ReplyDelete
  7. Sawang sinawang. Bener bangeeeet asli! Aku ngerasain ini banget pas resign. Hahaha. Pas jadi IRT inget kerja, pas kerja enakan jadi IRT. Pada akhirnya keadaan yang ada dihadapan kita adalah yg terbaik untuk kita. Seperti ituu. Anyway, sukses selalu ya!

    ReplyDelete
  8. Halo selamat mbak udah keterima di Shopee, saya juga ada temen kerja di sana dia bagian konten analis, duh liat fotonya kangen juga ya dunia kantor ini hahaha.
    Salam kenal ya, oh iya kalau mau baca tentang fotografi silakan mampir ke gariswarnafoto ya mbak hehe

    ReplyDelete
  9. FANSBETTING – MASTER AGENT JUDI TARUHAN BOLA ONLINE, CASINO, TOGEL, POKER TERBAIK DI INDONESIA

    FANSBETTING - Selamat datang bettors online Indonesia di website Agen Judi Online terpercaya Fansbetting. Bersama kami anda bisa bergabung dan mulai bermain di berbagai game seperti judi bola online,Poker Online,Casino Online,Togel online dan bolatangkas online.

    Fansbetting, Master Agent yang melayani pembuatan account untuk taruhan bola online seperti sbobet, ibcbet, cmdbet. Ada juga permainan Casino Online, Tangkas, Togel, dan Poker. Banyak yang sudah menjadi member setia FANSBETTING, dikarenakan sangat terjamin keamanan nya, dan sudah sangat Terpercaya. Selain Proses Deposit-Withdraw yang super cepat, FANSBETTING juga melayani tuntas setiap transaksi member setia nya.

    Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengelola judi online di internet di indonesia, kami telah paham betul kebutuhan para bettors yakni kenyamanan, keamanan dan proses yang cepat dari deposit dan withdraw.

    Silahkan daftar dan menjadi member kami dengan mengisi form pendaftaran atau juga dengan menghubungi CS kami yang selalu online 24 jam di live chat. Dapatkan pelayanan yang cepat dan ramah dari kami agen judi online www.fansbetting.com.

    Game yang disediakan yaitu :
    * SPORTSBOOK:SBOBET,IBCBET,368BET.
    * LIVECASINO:338A-SBOBET CASINO,ION CASINO,CBO855.
    * BOLATANGKAS:TANGKAS777,88TANGKAS,BOLATANGKAS2,KLUB TANGKAS.
    * TOGEL:KLIK4D,ISIN4D.
    * POKER:SAHABATPOKER,ASIAPOKER77,POKERKING88,SENANGPOKER
    * NEW GAME : SABUNG AYAM

    Minimal Deposit 50.000,-
    Minimal Withdraw 50.000,-

    JOIN US : WWW.FANSBETTING.COM
    WHATSAPP: +855963156245
    WECHAT : fansbetting3
    line : fansbetting

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)