[BPN 30 Day Blog Challenge 2018 - Day 1] Blog, Dari Tempat Curhat Ternyata Bisa Bermanfaat

by - 6:26:00 PM



Dari kecil saya jarang sekali curhat, sama bapak atau ibuk juga gak pernah. Apa-apa dipikirin sendiri, kadang sampai pusing dan bingung harus gimana karena gak ada solusi. Pernah saya waktu SD gak sengaja nyakitin temen saya, saya selesaikan sendiri tanpa cerita ke orang tua saya. Dan sampai detik dimana kalian baca cerita ini saya belom cerita ke mereka.

Seolah saya introvert ya, padahal kalo diluar sana saya terlihat ceria tanpa ada beban. Kadang sok-sokan ngehibur temen yang lagi sedih dan sok-sok kasih saran gitu. Pokoknya orang tuh gak akan tau kalo saya lagi ada masalah, kalo saya gak cerita. Entahlah, rasanya kalo cerita ke orang tuh malu gitu loh. Saya gak mau dibilang lemah atau “gitu aja gak bisa”, saya pengen dilihat orang tuh kuat. Makanya saya kalo curhat selalu ke Tuhan pas lagi sholat atau mau tidur malam.

Sampai akhirnya, di suatu hari ada salah satu adek kelas saya yang cukup sering ngeblog memberi saya saran buat bikin blog aja daripada gak tau mau cerita ke siapa. Setidaknya saya udah ngeluarin unek-unek di hati, kata adek kelas saya itu. Awalnya saya males, nanti mau diisi apa dan takutnya nanti blognya terbengkalai. Eh, taunya saya tetep bikin blog dan masih bertahan sampai sekarang, Alhamdulillah.

Dari blog yang awalnya curhat tentang kegiatan di sekolah, cinta-cintaan, akhirnya saya coba bercerita tentang pengalaman hidup saya. Ya seperti pengalaman sekolah, SBMPTN, kuliah, gimana menghadapi suatu masalah, sampai tutorialpun saya tulis. Ternyata banyak orang yang suka dengan tulisan saya dan bersyukurnya lagi ternyata tulisan saya itu bermanfaat buat orang banyak. Saya pernah cerita disalah satu postingan saya yang disini, gak hanya itu saja, DM instagram saya tuh hampir ada aja yang nanyain masalah SBMPTN, tutorial, jurusan agribisnis, dll. Rasanya tuh seneng banget ternyata curhatan bisa loh bermanfaat bagi orang lain.

Sebenernya masih banyak sekali manfaat dari saya nulis blog selain nyenegin diri sendiri karena bermanfaat bagi orang lain. Beberapa manfaat yang saya dapetih dari blog yaitu

Nambah Temen Di Berbagai Daerah

Temen blog saya, kangen mereka huhu

Tau kan kalo saya ikut beberapa komunitas blog. Nah, dari bergabungnya saya di komunitas itu akhirnya saya bisa dapet temen-temen baru. Bahkan kita bisa jadi deket banget. Main bareng, datang ke wisudaan, bikin project, bahkan sempet saya ditawarin kerjaan sama temen blog saya itu. Menyenangkannya lagi temen blog itu berasal dari berbagai macam daerah, jadi seneng aja kalo misalkan saya ke daerah ini ada aja yang dikunjungi dan siap menampung saya haha. Belom lagi kalo temen blognya itu berwawasan luas, dijamin berbagai macam ilmu bisa kita serap dari mereka.

Bisa Nambah Uang Jajan

Karena lahirnya blog ini memang diawali dengan niat curhat, jadi ketika saya daftar adsanse dan disetujui itu rasanya seneng bukan main. Yah, padahal kalo dari adsanse juga gak seberapa sih pendapatannya, tapi saya seneng aja. Belom lagi tawaran-tawaran nulis buat review gitu, bukan perkara uangnya berapa yang mereka kasih tapi kepercayaan mereka sama blog saya ini bikin saya seneng dan bangga. Beneran sih, saya kayanya bener-bener harus beli domain biar lebih terlihat profesional lagi haha.

Memaksa Diri Paham Dunia Perblogan

Yang saya juga suka dari saya ngeblog adalah saya bisa belajar seluk beluk mengenai dunia perblogan. Dari istilah-istilah yang saya gak paham sampai sekarang udah hafal banget, ngotak-ngatik kode html buat benerin tema, belajar SEO, dll. Pokoknya saya mau gak mau dituntut buat bisa dan ngertiin mereka, gak mungkin kan mereka yang ngertiin saya. Ilmu saya bertambah lagi meskipun saya gak bekerja dibidang ini.

Yah, meskipun sekarang dunia perblogan sudah gak seramai dulu tapi saya usahakan saya tetap menulis karena menulis sekarang sudah jadi bagian dari diri saya. Banyak juga yang nanya kenapa saya gak coba buat video di youtube biar kaya yang lain, saya sih sebenernya mau tapi waktu saya yang terbatas. Bisa nulis rajin seperti sekarang ini aja udah syukur banget, karena waktu kerja saya bener-bener padet dari jam 8 pagi sampai 10 malam, belum kalo lembur sabtupun masuk. Semoga saja niat saya ngeblog gak naik turun biar bisa konsisten dan bisa jadiin ngeblog sebagai pekerjaan. Itu adalah salah satu mimpi saya.

Semoga semakin hari blog ini semakin bermanfaat ya, semoga saya juga semakin rajin nulisnya biar yang baca juga tambah setia ke sini.

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

8 comments

  1. gue bacanya sedih nih. sedih aja gitu, gue baru sekali nulis tentang satu review di blog selama ini. hahahah
    sekarang lagi usaha biar banyak produk atau apapun itu yg bisa ngehasil duit buat blog. kayaknya harus belajar banyak emang.
    tapi kadang gue enggak bisa sepuas itu juga sih buat nulis d blog, karena ternyata orangtua gue juga suka baca blog.

    selama tulisannya bermanfaat bagi orang lain, tetap nulis aja. walaupun emang platform blogger udah enggak serame kayak dulu. semangat brader!

    ReplyDelete
  2. Yg bagian memaksa untuk ngerti perbloggingan itu saya bgt
    Asliny males mikirin code2, tp apa daya blog kan penuh kode xixixi
    Alhamdulillah punya temen yg slalu support, salah satuny mb prita hw

    ReplyDelete
  3. Mbaaa, kerjaa apaa jam 8 pulang jam 10 malam T.T terus koq bisa sempet nulis gini, ikut challenge juga, tulisannya masih enak dibaca juga.... Wah, aku harus belajar semangat nya mba Ashya nih, karena suka down kalo ada masalah apa gitu, langsung males nulis

    ReplyDelete
  4. Kagum sama semangatnya dan menej waktunya sampai blognya tetap terawat gini, bahkan ikut challenge dan sharelink.. Jd pengen tanya "mbak makannya apa sih?" wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Waw, dengan jadwal kerja sepadat itu tapi masih sempet nulis di blog, ruar biasah. Kujadi malu karena masih mood2an nulis, padahal kerjanya di rumah aja *tutupmukapakepanci hahaha

    ReplyDelete
  6. Keren banget ya blog ini bisa jadi tempat manfaat segala macam. Yey, semoga tahun depan semakin rajin menulis blognya.

    ReplyDelete
  7. Tulisan Mba Ashya ini ena banget dibaca, dicerna, ngalir. Keren deh salut banget dengan komitmennya menulis. Setuju banget isinya, ngeblog itu banyak manfaatnya. :D

    ReplyDelete
  8. Aku awal punya blog itu pas SMA dan itu media curhat banget. Beberapa tahun kemudian barulah menemukan pencerahan kalau blogger ternyata bisa jadi main job. hehe

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)