[BPN 30 Day Blog Challenge 2018 - Day 3] Kenapa Simatakodok? Dan Keuntungan Menggunakan Nama Sendiri Menjadi Nama Blog

by - 12:44:00 PM



Nama “Simatakodok” untuk jaman sekarang memang terdengar alay dan euuuwwwh banget gak sih? Sekarang orang-orang lebih memilih nama sendiri sebagai nama blognya, katanya sih sekalian branding. Saya sebenernya juga pengen banget ngeganti nama blog ini dengan nama saya sendiri, tapi rasanya masih berat untuk menggantinya. Saya masih sayang banget sama nama ini, dan dari dialah blog ini dikenal sama banyak orang.

Awal mula nama blog ini “simatakodok” itu karena saya suka sekali dengan blognya si Raditya Dika yang Kambing Jantan. Kemudian saya teringat sebutan teman-teman kepada saya yaitu “mata kodok” karena saya pake kacamata besar. Dari situlah nama ini lahir, karena ingin ikut-ikut raditya dika juga haha

Setiap berkenalan dengan teman blogger baru, pasti saya sering ditanya kenapa memilih nama blog ini. Sempat bosan sih menjawabnya, sampai suatu hari saya menuliskannya di salah satu postingan saya. Tapi semakin kesini entah semakin bangga aja saya dengan nama ini. Sampai saya gak jadi-jadi beli domain karena masih galau apakah saya harus mempertahankan nama blog simatakodok atau berganti menjadi nama saya yaitu RizkyAshya.
Sebenarnya ada beberapa keuntungan sih menggunakan nama sendiri sebagai nama blog, beberapa diantaranya adalah

Personal Branding

Jaman sekarang siapa sih yang gak melakukan personal branding? Mau dia orang biasapun seperti kita perlu banget melakukan personal branding. Istilah kasarnya tuh “kita mau dikenal orang seperti apa sih?”, kalo personal branding kita bagus ya kita akan dikenal orang bagus tapi sebaliknya juga. Selain itu banyak manfaat  yang didapatkan dengan personal branding, makanya banyak orang yang berbondong-bondong membuat personal branding mereka. Nah, dengan nama blog nama kita, kita bisa sekalian melakukan personl branding diri kita ke orang lain melalui blog.

Lebih Profesional

Jaman sekarang udah gak jaman lagi pake nama facebook “Aqoe Cayang Dia Celalu” atau “aQoe ci Imutds Beut” dan nama-nama alay lainnya, udah jamannya pake nama sendiri. Kenapa? Agar kita terlihat profesional dan serius. Biar kalo rekan kerja kita mencari akun kita tidak kesusahan dan kita dianggap sudah dewasa bukan lagi ABG yang hidupnya hanya main-main saja.

Kita Dikenal Sebagai Diri Kita Sendiri

Kalo kita menggunakan nama kita sebagai nama sosial media, blog, atau youtube kita, orang-orang akan mengenal kita sebagai diri kita sendiri. Kita bertemu dengan salah satu followers atau teman kita di sosial media, kita akan dipanggil dengan nama kita sendiri. Beda ceritanya seperti saya yang punya blog simatakodok.blogspot.com ini, ketika saya bertemu dengan readers blog ini saya sempat di panggil “simatakodok”, rasanya rada gimana gitu. Tapi itu bukan salah mereka sih, memang saya yang sudah memilih nama itu sebagai nama blog. Tapi alangkah senangnya lagi apabila mereka bisa memanggil kita dengan nama kita sendiri. Kalo misalkan blog ini terkenal dan kita memakai nama kita sendiri, nama kita juga yang akan terkenal bukan nama alias seperti blog ini.

Saya sudah tau keuntungan menggunakan nama sendiri di blog, tapi saya tetap mempertahankan nama ini, kenapa?


Karena nama blog ini telah membesarkan blog ini sampai sekarang sejak tahun 2012, readers taunya nama blog ini adalah “simatakodok”. Takut kalau ganti nama mereka kabur. Sudah dijelaskan berkali-kali sama teman sebenarnya kalo ganti nama dan postingannya masih tetep, readers akan tetap di arahkan ke blog ini. Mungkin butuh penyesuaian seminggu sampai satu bulan. Tapi saya masih berat aja kalo harus ninggalin nama ini. butuh waktu hampir dua tahun sampai sekarang dan saya masih belom ada keputusan untuk mengubah namanya. Padahal dilubuk hati saya paling dalam saya pengen juga punya nama blog kaya yang lain biar dapet kerjaannya mudah juga hehe

Kalo menurut kalian gimana? Saya ganti nama blog gak ya?
Ganti rizkyashya.com atau tetap di simatakodok.blogspot.com ?
Kasih saran dong buat saya biar gak galau-galauan lagi, hehe

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

0 comments

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)