Berbagi Itu Mudah, Lalu Tunggu Apalagi?

by - 10:41:00 PM

sumber : popmama.com


Kalo bisa dibilang sih, sewaktu kecil saya itu orangnya pelit. Permen aja gak mau saya bagi ke adek saya.
Alasannya? Karena mau makan semua rasa.
Tapi kenyataannya? Permennya gak habis saya makan semua dan terbuang sia-sia.

Saya hidup seperti itu sampai pada suatu waktu saya lagi jalan sehat di tempat Ngaji saya, teman saya menang dan dapat hadiah banyak ciki. Saya gak minta, tapi teman saya itu membagi cikinya ke saya. Kejadian seperti itu saya alami terus menerus dan akhirnya saya tersadar. Berbagi itu mudah, berbagi itu meskipun mengurangi kepunyaan kita, tapi melihat orang lain tersenyum dan senang kok rasanya ikutan senang juga. Dari pada saya dimarahi karena gak mau bagi ke adek atau teman, kok enakan ngasih ke adek/teman dan dipuji ibuk-bapak. Dari pelajaran sederhana itu, akhirnya saya mengerti kenapa kita harus berbagi dan indahnya berbagi. Bukan karena pujian ibu-bapak saja, tapi melihat orang senang jadi bikin saya senang juga.

Berbagi Lewat Tulisan

Salah satu tulisan saya yang selalu memotivasi saya untuk terus berbagi cerita pengalaman hidup saya

Orang tua pun tak hentinya mengajarkan cara-cara berbagi sederhana. Sampai pada akhirnya saya membuat blog ini yang tujuan awalnya adalah untuk berbagi cerita-cerita keseharian saya seperti lomba, acara di sekolah, sampai curhatan-curhatan. Tapi ternyata tujuan sederhana itu berdampak besar loh buat orang lain dan diri saya sendiri.

Dulu sewaktu saya mengejar universitas negeri untuk saya berkuliah, saya tuliskan bagaimana perjuangan saya. Bagaimana saya menanggapi omongan orang, cara saya belajar, dan cara saya untuk ikhlas ketika saya harus menerima penolakan-penolakan. Ternyata cerita sederhana saya yang bahkan banyak curhatannya itu bisa bermanfaat buat orang lain, bisa menjadi motivasi mereka. Bahkan sosial media saya selalu ramai ketika mendekati tes ujian masuk universitas. Betapa bahagianya saya, berbagi cerita pengalaman ternyata berdampak besar juga buat orang lain dan diri saya sendiri.

Dari hal tersebut saya tau bahwa berbagi itu mudah kok, gak perlu melulu mengeluarkan uang atau meberikan suatu benda. Dari cerita pengalaman saja sudah bisa disebut berbagi dan bermanfaat sekali untuk orang banyak. Semudah itu loh berbagi, lantas sudahkah kamu berbagi?

Berbagi Lewat Kegiatan

Berbagi ilmu dengan adek-adek mengenai Hidroponik

Setelah saya tau bahwa berbagi itu indah dan menyenangkan, saya kemudian ingin membagikan tenaga dan ilmu yang saya miliki melalui suatu kegiatan. Kemudian sampailah pilihan saya ke suatu komunitas peduli lingkungan dan pendidikan. Disana cara berbagi saya adalah mengajar adik-adik mengenai pentingnya menjaga lingkungan, cara sederhana yg bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan, membagikan ilmu-ilmu tentang lingkungan, dll. Betapa senangnya mereka ketika saya bercerita, betapa senangnya mereka ketika merekapun juga bercerita pendapat mereka ke saya. Percayalah, berbagi itu sangat mudah dan bisa kalian lakukan semampu kalian dan dengan cara kalian sendiri.

Ketika saya berbagi dengan adek-adek SD di pedalaman

Berbagi Itu Ajaib

Sewaktu ada bencana di Lombok 2018 kemarin, semua orang berbondong-bondong untuk memberikan bantuannya. Tak terkecuali teman-teman kuliah saya dulu. Di sebuah grup chat, salah satu teman saya menawarkan untuk memberikan bantuan kepada korban di Lombok dengan cara berdonasi kaos kaki. Bisa dengan cara kaos kakinya dikirim ke dia, atau melalui uang dan akan dibelikan kaos kaki. Karena waktu itu saya tertarik saya langsung ngechat teman saya itu dan mentransferkan sejumlah uang. Saya gak berpikir apapun, tujuan saya ikhlas hanya ingin membantu korban di Lombok.

Tiga hari setelah saya donasi korban di Lombok, ada pengumuman lomba foto yang saya ikuti. Syukur Alhamdulillah, saya adalah salah satu pemenangnya dan mendapatkan sejumlah uang. Dan jumlah uang yang saya dapatkan itu nilainya 10kali lipat dari jumlah uang yang saya donasikan. Seolah-olah dari kejadian tersebut Allah sedang menunjukkan kebesarannya. Bahwa berbagi itu tidak akan mengurangi apa yang kamu miliki, malah akan menambah berkali-kali lipat apa yang kamu berikan. Awalnya saya ragu, apa ini Cuma sebuah kebetulan atau gimana. Soalnya dulu-dulu kalau sedekah atau berdonasi gak pernah saya perhatikan berapa yang saya beri dan berapa yang kemudian saya terima.

Dari hal tersebut bukan saya mau nunjukkin kalo kita harus menghitung berapa yang kita beri dan berapa yang kita terima. Tapi saya Cuma mau nunjukkin bahwa Allah itu akan menepati janjinya. Mungkin balasan atas apa yang kita beri gak akan langsung diberikan seketika dua atau tiga hari setelahnya, atau mungkin balasannya bukan dalam bentuk uang. Mungkin dalam bentuk lain yang tidak kita ketahui. Sesuai dengan Ayat dibawah ini :

Al-Baqarah (2) : 245. Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan
Berbagi Itu Mudah

Setelah saya bercerita tentang pengalaman saya tentang berbagi, mungkin kamu akan berpendapat “Iya sih berbagi itu mudah. Tapi kok saya belum bisa berbagi?”

Hmm, perlu banget tuh diteliti apa yang salah dari dirimu. Kalo mungkin kamu belum bisa berbagi lewat tulisan atau meluangkan waktu melalui kegiatan. Coba berbagi lewat rezeki yang telah kamu miliki. Ingat ya, rezeki yang kamu miliki itu bukan sepenuhnya milikmu, ada hak-hak orang lain yang dititipkan kepadamu. Jangan Takut Untuk Berbagi, karena kamu akan merasa bahagia ketika kamu melihat senyum orang-orang yang menerima manfaat dari apa yang kamu bagikan.

Sekarang banyak banget lembaga-lembaga yang bisa menerima donasi. Jadi kamu gak usah bingung untuk menyalurkannya kemana. Salah satu contohnya yaitu Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa adalah Lembaga Amil Zakat milik masyarakat, berdiri sejak tahun 1993, yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok maupun perusahaan (sumber : https://www.kitabisa.com/dompetdhuafa ).

Gak usah takut donasimu gak tersalurkan karena Dompet Dhuafa selalu akan mempublish Annual Report, Laporan Kinerja, bahkan kamu bisa mengecak sosial medianya. Kamu bahkan bisa juga loh main-main ke kantornya atau ikut kegiatan dari Dompet Dhuafa kalo kamu tidak sibuk. Semua terbuka di Dompet Dhuafa.

Salah satu laporan dari Dompet Dhuafa 

Oh iya, cara donasi di Dompet Dhuafapun sangat mudah. Kalian bisa ke https://donasi.dompetdhuafa.org/ atau buat kalian yang punya aplikasi TOKOPEDIA disana sudah ada fitur untuk berzakat/donasi di Dompet Dhuafa. Pokoknya donasi jaman sekarang itu mudah banget, gak ada alasan gak ada waktu atau ribet. Dijaman digital semuanya sudah dipermudah.

Donasi via Tokopedia Mobile Apps

Jadi kalo berbagi itu mudah, lalu tunggu apalagi?

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”


Sampai Jumpa
Semoga Bahagia

You May Also Like

9 comments

  1. Sekarang berbagi menjadi lebih mudah, seperti di ujung jari saja. Tinggal klik, berbagi pun sudah dilakukan.

    ReplyDelete
  2. Mudah ya mbak. Bahkan kkita pun gak harus kemana-mana. Ngebantu banget buat emak2 kaya aku

    ReplyDelete
  3. Berbagi itu bikin Hati jadi bahagia entah mengapa, ajaib sekali ❤️

    ReplyDelete
  4. Jaman sekarang serba mudah, untuk mmpermudah semua orang apalagi yg mmpunyai kesibukan yg luar biasa ya..,

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, berbagi itu gak harus tentang uang. Hal hal kecil pun bisa kita bagi ke orang lain, dan jangan pernah takut berbagi. Aku juga sering mengalami kalau makanan aku simpan eh ternyata malah gak habis, kalau dipikir-pikir sih ya mending dikasih ke orang lainkan. Udah orang senang dan makanannya gak kebuang sia-sia deh.

    ReplyDelete
  6. berbagi itu juga bikin bahagia yaa. apalagi dalam agama kita juga disebutkan kalau berbagi atau sedekah itu malah memudahkan rezeki

    ReplyDelete
  7. Sambil duduk dan dari rumah pun bs ya berdonasi lewat Dompet Dhuafa. Mudah ini

    ReplyDelete
  8. Berbagi sekarang semakin mudah ya dengan bantuan teknologi, jadi makin semangat berbagi deh apalagi sekarang menjelang Ramadhan :D

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)