Ini Lho Alasan WC Mampet Dan Cara Mengatasinya, Kamu Perlu Tahu!

by - 7:05:00 PM


wc mampet
Foto : https://1qadin.com

WC menjadi salah satu hal yang penting dan harus ada di kamar mandi. Karena jika tidak ada WC kita akan kesulitan ketika ingin membuang hajat. Apalagi kita tidak boleh menahan saat ingin buang hajat karena bisa menimbulkan penyakit. Namun, bagaimana jika di kamar mandimu sudah ada WC tetapi sering mampet? Uh, menyebalkan, ya!

Kamu pernah mengalami WC yang mampet? Ketika WC yang kita gunakan sehari-hari mendadak mampet sudah dipastikan ada yang tidak beres. Beberapa faktor penyebab wc yang mampet pun bermacam-macam, bisa karena septic tank yang digunakan untuk menampung kotoran sudah penuh. Karena kotoran yang tertampung pada septic tank lama-kelamaan akan menjadi lumpur tinja yang bisa memenuhi volume septic tank. Jika hal ini yang terjadi, maka mau tidak mau kamu harus menguras septic tank-mu. Jika tidak ingin mengurasnya sendiri, kamu bisa memanggil tukang penyedot wc yang biasanya iklannya tertempel pada dinding-dinding atau tiang listrik.

Penyebab dari WC mampet selain septic tank penuh ialah bisa saja ada yang menghambat atau menyumbat leher pipa yang menyambungkan WC dengan septic tank. Sumbatan-sumbatan itu bisa jadi berupa plastik, pembalut bekas, lumut, jamur dan masih banyak hal lain yang dapat menyumbat lubang pipa. Tidak hanya lubang pipa, lubang ventilasi yang ada pada septic tank pun bisa menjadi penyebab WC yang mampet. Untuk mengeceknya, kamu bisa meletakkan tangan pada lubang ventilasi. Jika terasa hangat, berarti lubang ventilasi ini tidak dalam kondisi yang bermasalah.

Nah, untuk mengatasi WC yang sudah terlanjur mampet kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang sudah teruji . Sudah banyak orang yang melakukan beberapa cara ini agar WC-nya tidak mampet lagi. Berikut ini ulasannya, yuk disimak!

Cara mengatasi WC mampet yang pertama ialah dengan menggunakan bahan yang dapat mengurangi tegangan dalam air seperti surfaktan. Cairan surfaktan biasanya terkandung dalam cairang-cairan seperti sabun cari, sampo, pencuci piring dan cairan-cairan semacamnya ditambah dengan air panas yang bukan mendidih juga tidak masalah. Namun, cara ini hanya bisa digunakan jika WC-mu bukan dalam keadaan yang penuh atau meluber. Setidaknya masih ada ruang.

Ketika kamu ingin mengatasi WC yang mampet dengan menggunakan cairan surfaktan, tuangkan cairan itu lalu tuangkan air panas. Diamkan selama beberapa menit, jika tidak ada masalah yang besar maka WC-mu akan kembali dengan normal.

Cara lain mengatasi WC mampet yaitu dengan menggunakan pembersih saluran kimiawi. Kamu bisa membeli pembersih saluran kimiawi ini di toko-toko perkakas terdekat. Cara ini pun termasuk cara yang sangat sederhana. Kenapa saluran pembersih kimia bisa mengatasi WC yang mampet adalah karena cairan ini dapat membuat korosi pada pipa-pipa air.

wc mampet
Foto : https://1qadin.com

Jangan salah, pembersih saluran ini sangat beracun bagi manusia dan hewan. Jadi kamu harus ekstra hati-hati dalam penyimpanan cairan itu. Tidak boleh sampai termakan atau risikonya akan besar. Untuk cara menggunakannya, sama seperti cara di atas. Kamu hanya perlu menuangkan pembersih ini ke WC yang mampet lalu tambah dengan air panas.

Itulah ulasan mengenai alasan WC mampet dan cara mengatasinya. Jadi mulai sekarang, ketika kamu mengalami kejadian seperti ini, kamu tidak perlu panik. Kamu harus sudah bisa mengatasinya sendiri. Karena jika masalah yang ada pada  WC-mu sudah berat, baru kamu harus menggantinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

You May Also Like

1 comments

  1. alhamdulillah kamar mandi kostan gue enggak perlu membeli alat-alat yang lu sebutin diatas, karena masih aman terkendali. paling kalo mampet, lapor ke yang punya kos buat manggil petugas yang biasa menyedot kotoran ini.
    tapi kayaknya gue udah harus ngingetin mentemen gue yang anak kostan buat ngejaga kamar mandi, apalagi mereka sering banget buang putung rokok di kloset. emang siluman banget dah.

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)