Cara Jitu Menaikkan Domain Authority


menaikkan Domain Authority
image : https://wpklik.com/

Ketika blog sudah dikomersialkan dan tidak lagi hanya menjadi tempat curhat, maka keberadaan dan nilai Domain Authority sangatlah penting. Karena nilai Domain Authority menunjukkan bagaimana performa blog kita. Sebenarnya tidak hanya Domain Authority (DA) saja melainkan ada penilaian lain seperti Page Authority (PA), Spam Score, dll.

Nilai dari DA paling rendah 0 dan paling tinggi 100. Nilai ini menjadi tolak ukur tingkat kepercayaan pada sebuah website. Semakin tinggi nilai DA nya berarti blog tersebut semakin terpercaya dan semakin baik kualtas dari blog tersebut. Tidak heran kalo para blogger mengejar untuk menaikan nilai dari Domain Authority (DA).

Nah, beberapa waktu lalu saya ada ikutan program Kelas 30 Hari DA Naik, meskipun gak rajin-rajin ikutin kelasnya karena kerjaan yang gak selow tapi untungnya DA saya ada kenaikan meskipun sedikit. Disini saya mau bagi-bagi tips untuk temen-temen yang mau naikin Danya, jad disimak baik-baik ya.

Mengecek Kesehatan Blog

DA Naik
image : https://www.horizonwebmarketing.com/

Seperti penyakit, sebelum kita menyembuhkannya kita harus tau dulu dong gimana kesehatan kita dan apa penyakit kita. Sama seperti blog, sebelum kita memperbaikinya kita harus mengecek kesehatan blog kita dulu. Kita bisa mengecek kesehatan blog di SEOptimer (seoptimer.com) dan bisa diakses satu hari satu kali secara gratis. Dari sana nanti kita bisa mendapatkan penilaian mengenai blog kita kurangnya dimana dan rekomendasi perbaikannya, kalo blog saya tentunya di SEOnya biar bisa naikin Domain Authority.

Memperbaiki Kualitas Konten

Apasih yang paling utama dari sebuah blog sebelum kita bicara tentang SEO? Betul banget, konten. Sebelum kita mengutak-atik SEO dll, alangkah baiknya kita memperbaiki kualitas konten kita. Gimana cara untuk memperbaiki kualitas konten? Temen-temen sebelum menulis bisa mencari berbagai macam informasi dari berbagai macam sumber biar tulisannya lebih kuat. Selain itu kalian juga bisa menyiapkan foto, video, atau infografis untuk mendukung tulisan kalian itu. Dengan adanya konten yang bagus dan menarik diharapkan mampu membantu menaikan DA blog kalian.

Menerapkan SEO On Page

mendongkrak DA
image : https://www.thenextmarketers.com/

Agar blog kita berada di halaman satu pencarian Google, kita harus menerapkan SEO On Page pada blog kita, kenapa? Karena biasanya pembaca lebih memilih membaca artikel yang ditampilkan di halaman pertama Google dari pada halaman ke dua dan seterusnya. Jika info yang dicari belum dapet, barulah pembaca membuka halaman ke dua dan seterusnya.

Beberapa hal yang dapat kita terapkan dalam SEO On Page yaitu :
·         Meta Title/ Judul : terdiri dari 50 – 60 karakter, unik, mengandung keywords, dan klik bait
·         Meta Deskripsi : terdiri dari 150 kata, terdapat keywords
·         URL : terdiri dari 3 – 4 kata dan tidak terlalu panjang serta terdapat kata kunci
·         LSI Graph : terdapat keywords turunan atau related
·         Alt Image + title : memberikan judul dan keterangan pada gambar
·         Internal link : memberikan link blog kita dari konten yang relevan

Menerapkan SEO Off Page

Selain SEO On Page, kita juga harus menerapkan SEO Off Page untuk mendongkrak nilai DA kita. nah hal-hal yang bisa dilakukan adalah

  • Share ke media sosial seperti FB, Twitter, IG, dll 
  • Blogwalking ke blog-blog lain
  • Link building seperti backlink dari website terpercaya

Rajin Menghapus Broken Link

Salah satu cara untuk menaikkan DA adalah kita harus rajin membuang/memperbaiki link yang rusak di blog kita. Link rusak bisa terdapat pada tulisan kita ataupun dari komentar.

Ikuti Kelas 30 Hari DA Naik

Ilmu yang saya tulis disini adalah ilmu yang saya dapatkan ketika saya mengikuti kelas online WA tentang menaikkan DA selama 30 hari. Disana kita gak cuma diajarkan tapi kita juga berdiskusi untuk memecahkan masalah yang kita temui pada blog kita masing-masing. Pada kelas ini diajarkan oleh kakak-kakak keren yaitu Mas Irwin dan Mas Pewe, terimakasih kakak ilmunya. Katanya yang diajarkan ini baru kulitnya dong, padahal saya sudah mumet haha. Tapi seru dan menjadi ilmu baru untuk saya biar DA blog saya naik.

Sabar dan Konsisten

Menaikkan DA blog
image : https://www.alona.co.id

Salah satu cara jitu untuk menaikkan DA blog adalah konsisten, kenapa? Kalo kita konsisten menerapkan ilmu yang sudah diajarkan pasti kita akan menuai hasilnya bukan? Tetapi, kita juga harus sabar karena semua butuh proses dan waktu.

Itu tadi cara jitu yang bisa teman-teman lakukan untuk menaikkan DA blog teman-teman. Semoga selalu semangat dan termotivasi untuk menaikkan DA dan memperbaiki kualitas blog teman-teman.

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You Might Also Like

7 komentar

  1. Baru ngecek DA, blog saya cuma 5 hehe kecil banget.
    Suka males ngedit alt image + tittle, padahal ternyata banyak juga yg nyasar ke blog dari search google image.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepet naik ya DAnya.
      Aku dulu juga males editnya, trus dapet kerjaan baru tau kalo itu bermanfaat banget ehehe

      Hapus
  2. Menurut pengalaman saya, faktor yang paling berpengaruh untuk menaikkan DA blog adalah dengan melakukan backlink pada homepage.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, backlink homepage yang gimana ya?
      maaf aku cupuuuw :(

      Hapus
  3. Punyaku ga pernah naik. Turun iya. Wkwkwk

    BalasHapus
  4. Tulisan yang bagus, silakan kunjungi

    https://www.afrezazeilfahmiazis.com/?m=1

    BalasHapus
  5. Berguna banget tulisannya buat pemula kayak saya mba Rizky! Tapi apakah tips-tips ini bisa dipakai untuk yg masih pakai domain blogspot? Karena saya belum ada rencana untuk beli domain baru sih:(

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)