Tips Lolos di Kampus Impian Bersama Ruangguru

 

Lolos di kampus impian pasti sudah menjadi cita-cita teman-teman atau adek-adek yang sekarang duduk di bangku sekolah. Apalagi kampus impiannya adalah kampus-kampus atau universitas-universitas terbaik di Indonesia maupun dunia. Pasti akan menjadi kebanggaan apabila cita-cita tersebut terwujud. Nah, bagaimana sih caranya agar lolos di kampus impian kalian? Disini saya mau berbagi sedikit Tips Lolos di Kampus Impian Bersama Ruangguru sesuai dengan pengalaman saya. Cus langsung aja ke tipsnya

Persiapan Sejak Dini

Buat teman-teman yang baru masuk SMA, kalian harus mulai dari sekarang persiapkan diri kalian untuk masuk di kampus impian kalian. Gimana caranya? Belajar yang rajin biar nilai kalian bagus. Jika ada lomba ikuti dan jangan menyerah. Semakin bagus nilai teman-teman, semakin banyak sertifikat lomba yang kalian dapatkan, maka peluang masuk kampus impian juga semakin besar.

Karena situasi di Indonesia masih seperti ini dan sekolah tatap muka belum berlangsung, saya kira perlu untuk teman-teman memaksimalkan waktu yang ada dengan belajar agar nilai teman-teman makin bagus. Salah satu tempat belajar online yang saya rekomendasikan sejak dulu adalah ruang Ruangbelajar by Ruangguru (cerita lain tentang ruang guru dari saya bisa dibaca disini). Selain pengajarnya adalah guru-guru terbaik, harga berlangganan ruangbelajar juga sangat terjangkau dengan berbagai fitur-fitur kerennya. Beberapa fitur dari ruangbelajar seperti



  1. Asah Otak : Pada fitur ini, teman-teman bisa mengerjakan soal sesuai topiknya. Tersedia dari level mudah sampai sulit. Setiap levelnya terdiri dari 10 soal. Setelah teman-teman mengerjakan soalnya, teman-teman langsung mengetahui jawaban dan pembahasan soalnya.
  2. Bank Soal : Ada yang mau belajar latihan mengerjakan soal UAN atau SBMPTN? Nah, teman-teman bisa mencarinya disini. Lebih awal teman-teman mempersiapkannya, maka teman-teman akan lebih matang menghadapi ujian masuk perguruan tinggi dan tentunya peluang lolos kampus impian sangat besar. Pada fitur ini setelah teman-teman mengerjakan soalnya, teman-teman bisa langsung mendapatkan pembahasan soalnya. Oh ya, bank soal ini lengkap dari mata pelajaran IPA maupun IPS. 
  3. Ruangguru Adventure : Biar belajarnya makin seru, di ruangbelajar kalian bisa memainkan ruangguru adventure. Ruangguru adventure adalah game dimana kalian harus menyelesaikan misi dengan mengerjakan soal. Setiap kali kalian berhasil kalian akan diberikan rewards yang nantinya bisa kalian gunakan untuk upgrade level.



Selain itu, ada fitur-fitur terbaru loh di ruangbelajar seperti

  1. Pet Mission : Hampir mirip dengan ruangguru adventure, di Pet Mission ini kalian akan diberikan misi hewan peliharaan tiap harinya. Jika kalian bisa menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, maka kalian akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.
  2. Adapto : Setiap siswa memiliki kemampuan dan daya tangkap yang berbeda-beda. Dengan adanya fitur ini, teman-teman bisa belajar sesuai dengan kemampuan teman-teman.
  3. Tes Minat Bakat : Jika teman-teman masih bingung menentukan jurusan kuliah, kalian bisa memakai fitur terbaru ini. Dengan adanya tes minat bakat, teman-teman bisa mengetahui kemampuan dan minat teman-teman sebelum menentukan jurusan kuliah.

Kenali Diri dan Kemampuan Kalian

Sebelum mendaftar ke kampus impian, alangkah baiknya teman-teman mengenali diri kalian dulu. Apa alasan teman-teman kuliah? Apa tujuan teman-teman kuliah? Minat teman-teman apa? Agar setelah mendaftar dan menjalani perkuliahan teman-teman tidak menyesal.

Riset Kampus Impian



Riset sederhana mengenai kampus impian sangatlah penting. Tujuannya adalah mengetahui jurusan yang ada di kampus, biaya kuliahnya, sistem belajarnya, lokasi kampusnya dll. Jangan sampai teman-teman masuk kampus impian karena ikut-ikutan teman di sekolah.

Diskusi dengan Orang Tua dan Guru

Diskusi dengan orang tua sangat penting sebelum menentukan kampus impian karena secara tidak langsung orang tua adalah sumber pendanaan kalian. Dan diskusi dengan guru akan memberikan kalian insight mengenai bagaimana dunia perkuliahan.

Berdoa

Sombong apabila kalian hanya berusaha tapi tidak berdoa. Jangan lupa berdoa agar jalan kalian menuju kampus impian dimudahkan oleh Tuhan.

Itu dia beberapa Tips Lolos di Kampus Impian Bersama Ruangguru dari saya. Semoga tips ini bermanfaat buat teman-teman yang akan melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA nanti. Semoga keterima ya di kampus impiannya.

Sampai jumpa

Semoga bahagia

You Might Also Like

0 komentar

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)