Kuasai 5 Skill Ini Agar Lolos Menjadi Pegawai Bank Bersama Arkademi

Design by canva.com


Sebagai seorang pegawai bank, saya sering sekali mendapatkan pertanyaan seperti “Apa sih syarat menjadi seorang pegawai bank?”, “Skill apa sih yang harus dimiliki oleh seorang pegawai bank?”, atau “Gimana sih caranya biar bisa menjadi pegawai bank?”. Mungkin pertanyaan tersebut kerap sekali saya dapatkan mengingat bekerja di bank adalah impian dari sebagian besar fresh graduate di indonesia. Selain bank menerima hampir semua jurusan, bekerja di bank juga dapat dibilang menjanjikan karena adanya jaminan gaji setiap bulannya dan bila kinerja kita bagus kita bisa mendapatkan bonus. Tak sedikit orang menyebut pegawai bank adalah PNS tanpa seragam.

Karena terlalu sering ditanya hal yang serupa, akhirnya saya mencoba untuk mencari jawaban-jawaban tersebut berdasarkan pengalaman saya menjadi seorang pegawai bank. Sebenarnya untuk menjadi pegawai bank tidak diwajibkan untuk memiliki skill khusus seperti contohnya harus jago pelajaran ekonomi atau akutansi. Namun, ada skill-skill tertentu yang harus kita kuasai untuk menjadi seorang pegawai bank. Disini saya akan merangkumnya menjadi 5 skill yang harus dikuasai untuk menjadi pegawai bank. 5 skill ini sebenarnya bisa kita pelajari sebelum kita mendaftar menjadi pegawai bank.

Bicara tentang belajar mengenai skill tertentu, disini saya akan mengenalkan teman-teman kepada salah satu certified online course app buatan Indonesia yang bisa membantu teman-teman untuk menambah/improve skill. Nama aplikasi tersebut adalah Arkademi.

Tentang Arkademi

Beranda Arkademi (pict by : www.arkademi.com)

Arkademi adalah aplikasi buatan Indonesia pertama yang menyediakan kursus online bersertifikat. Berawal dari keinginan foundernya yaitu Hilman Fajrin untuk membantu para pekerja di indonesia mengembangkan kemampuannya dengan akses yang mudah melalui teknologi akhirnya terciptalah Arkademi. Dengan visi Arkademi yaitu “Helping Indonesian workers to scale the competitiveness and prosperity”, Arkademi telah membantu 130 pekerja Indonesia dalam meningkatkan keahlian dan mendapatkan sertifikat profesi lewat kursus online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Sejarah Arkademi (pict by : www.arkademi.com)


Selain interface dari Arkademi yang sederhana dan mudah diakses, Arkademi juga menyediakan ribuan pelatihan/sertifikasi online dengan berbagai macam harga dan juga bidang pelatihan. Keunggulan jika belajar di Arkademi adalah Pengajar yang profesional, sertifikat online maupun offline dari lembaga yang terpercaya serta materi ajar yang berkualitas tinggi. Ada hal yang saya suka jika belajar di Arkademi ini yaitu rincian materi apa saja yang kita pelajari sudah ditunjukkan. Jadi kita bisa benar-benar memilih pelatihan mana yang kita mau dengan materi yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Takutnya nih kita ikut pelatihan dengan materi A namun isi materinya tidak sesuai dengan harapan kita. Kan bisa rugi kita nantinya sudah bayar malah zonk.

Tampilan mobile app (pict by : mobile app Arkademi)


Kelas di Arkademi

Kelas di Arkademi (pict by : www.arkademi.com)


Arkademi menawarkan banyak kelas untuk bisa kita pilih seperti Bahasa, Bisnis, Hobi, Keuangan, Teknologi, dll. Kita bisa memilih sesuai apa yang kita ingin pelajari. Harganya juga bermacam-macam, sesuaikan saja dengan budget yang kita punya. Arkademi juga lagi ada diskon, kalo tertarik buruan diintip. Oh ya, buat penerima prakerja ada juga loh pelatihan untuk kalian.

Keunikan di Arkademi

Game Arkademi (pict by : www.arkademi.com)


Pas awal-awal download Arkademi di mobile. Oh ya, Arkademi bisa di download ya di playstore dan aappstore. Di halaman awalnya saya sudah dikejutkan dengan Game Arkademi. Ternyata kita bisa juga loh mengasah kemampuan kita lewat game yang disediakan.

Selain itu, Arkademi juga menyediakan artikel tentang tips, info, dll. Sangat bermanfaat sekali untuk menambah ilmu kita secara gratis. Artikel ini juga diupdate secara rutin, jadi jangan sampai ketinggalan.

Kenalan sama Arkademinya sudah, mari kita kembali lagi dengan 5 skill yang harus dikuasai agar lolos menjadi pegawai bank. Disini saya juga cantumkan pelatihan dari Arkademi yang bisa teman-teman ambil untuk menambah skill teman-teman ya.

JUJUR

Hal yang paling mendasar yang harus dimiliki pegawai bank adalah kejujuran. Menjadi seorang pegawai bank tidak semudah bekerja ditempat lain karena godaannya disini sangat banyak, kenapa? Karena kita akan langsung berhadapan dengan uang-uang nasabah. Jika kita tidak jujur, gampang saja untuk kita mengambil uang-uang tersebut.

Latihan yg berhubungan dengan kejujuran (pict by : www.arkademi.com)


TELITI

Skill dasar ini juga harus dimiliki oleh seorang pegawai bank. Kalo tidak teliti bisa saja kita salah menghitung atau menginput angka. Misalkan saja harusnya Rp 1.000.000,- tetapi karena tidak teliti bisa terinput Rp 10.000.000,-. Kalo sudah begini siapa yang rugi? Padahal hanya salah menginput satu angka dan itupun angka “0”.

Latihan yg berhubungan dengan ketelitian (pict by : www.arkademi.com)


KOMUNIKASI

Karena menjadi pegawai bank itu adalah menjual jasa kita, maka memiliki komunikasi yang baik itu sangat diperlukan. Terlebih apabila kita menjadi seorang tenaga pemasaran, kita harus memiliki komunikasi yang baik untuk menjual produk kita, mengetahui keperluan nasabah kita, bahkan apabila berhubungan dengan orang awam kita harus pandai menerjemahkan bahasa bank menjadi bahasa yang lebih sederhana agar mudah dimengerti.

Latihan yg berhubungan dengan komunikasi (pict by : www.arkademi.com)


ANALISIS

Bekerja di bank tidak hanya menajdi teller dan CS. Kita bisa juga menjadi back office, marketing, dan bagian analisnya. Nah, jika sampai menjadi seorang analis mau tidak mau kita harus mempunyai skill analisis yang kuat. Misalkan saja kita disediakan laporan keuangan suatu perusahaan untuk keperluan pengajuan kredit usaha, kalo kita tidak bisa menganalisisnya kita tidak tau apakah keuangan perusahan itu sehat atau tidak dan apakah bisa kita beri kredit usaha tersebut.

Latihan tentang analisis proyek (pict by : www.arkademi.com)


MULTITASKING

Skill ini juga saya sarankan karena bekerja di bank itu kita harus tau semuanya. Misalkan saja kita bekerja di bagian marketing kredit, mau tidak mau kita harus tau juga produk-produk perbankan lainnya. Karena orang awam diluar sana hanya tau bahwa kita itu orang bank tanpa mau tau fokus pekerjaan kita. Makanya jika ingin menjadi pegawai bank kita harus bisa multitasking.

Nah, itu dia 5 skill yang harus dikuasai agar lolos menjadi pegawai bank. Jangan lupa, jika teman-teman ingin #KursusOnline dan #BelajarOnline menambah atau improve skill bisa cek-cek di Arkademi ya.

Sampai jumpa

Semoga bahagia 

You Might Also Like

5 komentar

  1. Bener banget soal teliti dan jujur ini, soalnya namanya soal uang ini ya. Sesama sodara aja bisa berantem apalagi sm nasabah. Uang itu sensitif. Makanya kuncinya harus ada kejujuran dan ketelitian juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak. sebenernya gak hanya kerja di bank aja sih, disemaua bidang kerja jujur itu yang paling utama ehehe

      Hapus
  2. Tips langsung dari pegawai banknya langsung nih. Nggak tanggung2. Yak kamu yang pengen jadi pegawai bank, cus belajar 5 skill di atas.

    BalasHapus
  3. Nah ternyata Arkademi pun membantu para karyawan juga ya supaya dalam bekerja bisa optimal. Apalagi dalam urusan melayani publik, wow tentunya sangat menuntut kesabaran.

    BalasHapus
  4. jadi ingat dulu sempat beberapa kali ikutan tes pegawai bank tapi nggak pernah keterima. hehe. tapi keren nih ada lagi aplikasi buat pengembangan diri yang pastinya berguna banget buat karir kita ya

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)