Manfaat Permainan Ular Tangga

by - 2:49:00 PM

permainan ular tangga
Pict by https://www.alinea.id

Ular tangga termasuk dalam permainan zaman dahulu yang terus berkembang mengikuti trend dan selalu mempunyai peminat  tersendiri. Dengan bermain ular tangga Anda dapat melatih anak Anda tentang kemampuan berhitung, menganalisis, dan menjalankan strategi. Apakah Anda menyukai permainan ini saat kecil? Anda dapat menurunkan rasa menyukai permainan yang  menyenangkan dan bermanfaat seperti ular tangga ini.
Apa yang akan anak Anda dapatkan saat melakukan permainan ular tangga? Anda tidak perlu khawatir soal itu karena dengan bermain ular tangga anak Anda akan mendapat banyak sekali manfaat. Selain bermain anak Anda akan berlatih berhitung, mengatur emosi, melatih perkembangan anak.

Ular tangga adalah permainan yang dimainkan diatas kertas panjang dengan dua dadu kecil sebagai alat bermain dan orang kecil yang akan bermain. Kertas tersebut terbagi menjadi 100 kotak kecil mulai dari angka satu higga 100. Di dalam kotak tersebut juga terdapat ular  dan gambar kartun sebagai lambang turun dan tangga sebagai lambang naik.

Untuk memulai permainan ular tangga Anda harus nengocok dua dadu, jika Anda bermain dengan anak biarkan anak Anda menghitung berapa angka yang keluar dari setiap dadu, hal ini dapat melatih kemampuan berhitung. Jika anak Anda merasa kesulitan anda dapat mengajarkan bagaimana cara meghitung dengan metode yang tepat dan mudah dimengerti.

Dalam ular tangga terdapat tangga menurun atau mulut ular yang terbuka dan kartun yang berada di bawah tangga. Jika anakcAnda mendapat tangga menurun Anda dapat melakukan pendekatan kecil agar anak tidak kecewa dan mau mencoba lagi sampai selesai. Saat anak Anda mendapat tangga Anda harus bisa merangkulnya agar tidak kesenangan terlebih dahulu karena kotak yang harus dilewati belum selesai  

Dengan bermain ular tangga Anda dapat melatih anak Anda menganalisis secara sederhana, contohnya dia harus mencapai angka 50 karena pada angka tersebut terdapat tangga menuju angka 60, kira-kira berapa angka yang harus keluar dari setiap dadu  dan berapa kocokan lagi agar anak Anda dapat menyelesaikan permainan ular tangga.

Anda dapat bermain dengan anak saat waktu hujan, di waktu tersebut biasanya anak ingin bermain hujan-hujanan dengan temannya, untuk sesekali izinkan akan tetapi jangan terlalu sering karena kurang baik untuk kesehatan. Untuk memanfaatkan waktu Anda dapat bermain ular tangga. 

Permainan ini adalah permainan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak Anda. Permainan ular tangga dapat  melatih perkembangan anak karena menghasruskan mereka mengira dan menghitung angka yang akan keluar dari dua buah dadu dan menjalankan orang kecil untuk mencapai finish. 

Permainan tradisional yang dapat melatih kegiatan bersosialiaasi dengan  teman sebaya karena dengan bermain ular tangga anak Anda dapat berlatih komunikasi dan menambah teman. Dari angka yang keluar dari dua dadu anak Anda dapat belajar angka dan matematika sederhana yang secara tidak langsung melatih kemampuan berpikirnya. Orang yang digunakan adalah segitiga dan dadu adalah kotak, dari sana anak Anda dapat mengenal bentuk dan warna karena ular tangga didominasi oleh gambar. 

Permainan ular tangga ini dapat memberikan pelajaran sederhana kepada anak karena harus sabar dalam menunggu giliran bermain yang bergantian dengan lawan, belajar fakta sederhana mengenai kalah dan menang, saat kalah Anda dapat mengajarkan kesabaran pada anak dan mengajaknya berlatih kembali untuk menang di kemudian hari dan jika menang Anda harus mengajarkan tentang rendah hati  dan rasa ingin mempertahankan serta berjuang untuk permainan selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat. 

You May Also Like

1 comments

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)