7 Hal Yang Bisa Dilakukan Selama Karantina #DirumahAja

by - 5:31:00 PM


dirumahaja
pict by IDNtimes

Halo, ini pertama kalinya saya nulis blog dini hari karena gak bisa tidur. Jadi ceritanya saya ada dua minuman starbucks, yang satu no kopi dan satunya kopi. Yang no kopi sudah saya minum untuk berbuka dan karena takut mubazir akhirnya saya minum yang kopi sekitar jam 9an. Alhasil saya gak bisa tidur sampai jam 1 malam. Pas lagi mau tidur eh kebangun jam 1.30 dan karena pusing gak bisa tidur akhirnya saya memutuskan untuk menulis ini.

Ketika semua orang mengeluhkan gak bisa ngapa-ngapain selama #DirumahAja, saya mungkin menjadi golongan orang-orang yang senang ketika #DirumahAja. Mungkin karena saya suka melakukan banyak hal ketika sendiri atau mungkin saya sedikit bisa beristirahat dari kerjaan saya. Entahlah, setidaknya ketika #DirumahAja saya bisa lebih produktif.

Hal-hal yang saya lakukan selama #DirumahAja yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat teman-teman biar gak gabut dan rebahan ala saya adalah sebagai berikut :

Bikin Konten Youtube


Sebenarnya saya sudah mempunyai channel Youtube dari tahun 2014. Tapi saya hanya gunain buat upload-upload kegiatan kepanitiaan atau tugas. Karena guabuuuut poooll, tiba-tiba saya iseng buat bikin video di Youtube. Isinya sih masih amburadul ya, karena masih belajar shoot video sendiri, edit sendiri, dan coba ngegali ide sendiri. Channel saya juga masih gado-gado, belum ada satu tema khusus yang mau saya bahas. Ceritanya mau cari viewers dulu sukanya nonton apa baru ditekuni. Tapi kayanya saya harus cepat-cepat tentukan deh mau bikin tema apa, biar Youtube gak bingung juga mempromosikan channel saya. Menurut teman-teman bagusnya tema apa nih untuk channel Youtube saya?

Ngedekor Kamar Kosan Ala Pinterest

monstera
Daun monstera biar aestetic gitu

Mumpung banyak waktu nih, akhirnya saya memutuskan untuk mendekor kamar kosan saya. Selain bosan dengan tatanan yang gitu-gitu aja, saya juga ngerasa harus ngebenahi penyimpanan barang-barang saya yang semakin hari semakin banyak. Padahal gak beli apa-apa, tapi rasanya barang saya semakin hari semakin banyak jika dibandingkan dengan pertama kali saya pindahan. Untuk mempercantik kamar saya, saya memutuskan untuk membeli Rak, Daun Monstera, dan Triangle Hanger biar kamarnya jadi aestetic ala-ala Pinterest gitu.

Buat teman-teman yang mau ngehias kamar ala-ala Pinterest ada nih artikel yang lengkap banget membahas barang-barang apa aja yang bisa disiapkan dan dimana membelinya. Ini ya linkartikelnya, semoga membantu teman-teman mendapatkan inspirasi.

Pelihara Ikan

Sebenarnya udah dari beberapa bulan lalu pengen banget pelihara ikan, Cuma pas waktu mau beli magernya ampuuun deh. Kaya pas weekend tuh males banget keluar kosan. Nah, pas temen ngajakin beli akhirnya saya ikutan. Lumayan sih pas ada ikan, rasanya jadi gak sendirian lagi dikosan. Meskipun ketika saya ajak ngobrol dia, dia gak jawab saya. Setidaknya dia menyelamatkan saya dari stress. Oh ya, nambah aestetic juga rasanya kamar saya karena ada si Cepi (nama ikan saya).

Jadi Lebih Rajin Nyobain Resep Baru

Sebelum adanya pandemi ini, saya emang udah suka masak. Meskipun rasa masakan saya gak seenak chef-chef, setidaknya masih bisa dimakan lah ya. Ditambah lagi adanya pandemi ini saya jadi lebih rajin cobain resep-resep baru yang sederhana dari chef-chef yang ada di Youtube. Seru banget kalo berhasil, yah meskipun sempat waktu itu saya dan teman saya gagal bikin Dalgona haha.

nasi daun jeruk
Nasi Daun Jeruk, cobain resepnya Ade Koerniawan

Tapi dengan adanya pandemi ini orang-orang jadi hobi masak juga dan serunya mereka saling bagiin hasil masakannya. Bahkan ada di twitter kumpulun kegagalan pas masak, sumpah itu kocak-kocak banget sih, lumayanlah jadi hiburan.

Menghabiskan Buku Yang Belum Terbaca

Akhirnya saya bisa menghabiskan buku-buku yang sudah lama saya beli tapi belum sempat terbaca. Ya gimana ya, pulang kerja rasanya pengen langsung istirahat jadi gak ada waktu untuk menghabiskan buku-buku itu. Padahal saya setiap bulan beli buku. Bisa dibayangkan berapa banyak buku yang menumpuk. Senang sekali kalo buku saya sudah terbaca semua, jadi ada alasan untuk membeli buku lagi dan tentunya pengetahuan saya juga semakin bertambah dong.

Mencoba Berjualan Kembali

korea skincare
Online shop, di follow ya ehehe

Sebenernya saya tuh sering kali bikin online shop jualan. Tapi karena mager jadi Cuma bertahan beberapa bulan terus gak terurus lagi. Kebetulan kemarin ada penawaran kerjasama untuk sharing profit jualan skincare gitu, akhirnya saya aktifkan kembali instagram jualan saya. Harapannya dari sana nanti saya bisa aktif di instagram jualan saya dan kalo udah banyak followersnya bisa jualan sendiri. Semoga saya gak mager-mager lagi ya biar bisa jalan terus jualannya.

Buat teman-teman yang lagi nyari produk-produk skincare seperti Some By Me, Skin 1004, Biore, dll bisa banget diintip-intip ya jualan saya di instagram @yourbeauty.idd . Makasih banget kalo teman-teman mau follow juga ehehe. Harganya murce banget loh, setiap minggu ada diskon dan ongkirnya 10 k keseluruh Indonesia. Jadi, yakin nih gak mau intip-intip?

Perbaikan dan Pengembangan Diri

Yah, meskipun perbaikannya belum yang drastis setidaknya saya mencoba ya. Dengan #DirumahAja saya jadi rajin bersihin kamar, rajin setrika dan cuci baju, rajin cari-cari info menarik, lebih rajin ibadah, dan yang paling mengherankan adalah saya jadi mencoba untuk belajar bahasa asing seperti Korea dan Jepang. Meskipun belajarnya bukan yang sama guru tapi kaya mencoba menghafalkan kata atau kalimat sehari-hari. Ya lumayanlah ya bekal buat nanti kalo ke Korea atau ke Jepang. Ternyata seru juga loh belajar bahasa. Siapa tau kalo jago nanti nonton drakor gak usah nunggu-nunggu subtittle ehehe.

Oh ya FYI, selama #DirumahAja saya belum selesaikan satu drama pun. Gak ikutin Crash Landing On You, Itaewon Class, apalagi Marriage Couple. Padahal teman-teman yang lain nonton, tapi saya malah takut kecanduan gak berhenti nonton nanti. Jadi saya memutuskan untuk tidak menontonnya dulu. Dan kaya kebiasaan gitu sih kalo drama rame di tonton orang saya jadi mager nontonnya, gak tau kenapa. Ini juga lagi nonton yang Lee Min Ho itupun stuck di episode 4, huhu.

Ya itulah hal-hal yang saya kerjakan selama #DirmahAja . Ternyata gak buruk-buruk banget kita di rumah, gak abisin uang buat jajan dan malah produktif. Semua sebenernya tinggal bagaimana kta menyikapinya, bukan begitu pemirsah?

Meskipun saya kadang buooosen setengah mampus gak ada teman ngobrol di kosan, kalo udah gitu saya selalu ganggu teman-teman saya buat video call atau sebatas telpon.

dirumahaja
Vidcallan pake Zoom

Semoga pandemi ini cepat berlalu ya, meskipun tetep bisa produktif di rumah tapi saya rindu juga bersosialisasi bersama orang-orang diluar sana, rindu keluar rumah tanpa was-was, rindu makan bareng di luar, rindu ngabisin weekend di mall meskipun gak beli apa-apa, rindu nonton di bioskop, dan tentunya rindu sama keluarga di Ngawi. Tambah sedih pas lebaran gak bisa pulang, hancur sekali hati ini.

Stay safe semua, jangan lupa pake masker dan cuci tangan.

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

9 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. aku juga jadi rajin masa... hahaha
    hampir 30 resep baru selama pandemi ini udah aku coba >.<
    ya Allah semoga lekas selesai pendeminya :(

    ReplyDelete
  3. Wah, yg pelihara ikan gak ada kepikiran sama sekali aku Shya. Emang ga suka ikan juga. Whehe. Vidcallan itu paling juara sih bikin bosan hilang.

    ReplyDelete
  4. Waduh saya jadi ngerasa ga produktif, kerjaannya nonton (tapi sama belum ngikutin Itaewon sama Crash Landing), tidur dan ngelamun sambil nunggu buka. Ngedekor kamar segitu-gitunya, nyusun satu blok rak buku doang butuh dua hari saking magernya.

    ReplyDelete
  5. Yaelah ngomong sm ikan, takutnya malah keseringan ngomong sendiri nanti sya hehehe

    ReplyDelete
  6. WFH ini ternyata bisa bikin orang lebih produktif dan mencoba hal-hal baru yaa. Kalau aku selama WFH jadi sering nyobain resep kue. He

    ReplyDelete
  7. Nonton Film FULL SUBTITLE INDONESIA, Download Film Sub Indonesia, Film INDOXXI, Dan Drama Korea Terupdate Nya Klik disini ↓↓↓↓↓↓

    Studiofilm21
    Indoxx1
    Layarkaca21

    Nonton Film Drama Korea Subtitle Indonesia Dan Download Film Drama Korea Subtitle Indonesia Nya Klik disini ↓↓↓↓↓↓


    Drakor Terlengkap


    Jangan Lupa Klik Link Di Atas Ya Kak ^^

    ReplyDelete
  8. Aku banget sih yg ngedrakor itu, apa-apa ditonton jadinya nih tp ga nonton ah yg pelakor, berat hahaha

    ReplyDelete
  9. Kumpulan FILM INDOXXI Terbaru 2020

    Nonton INDOXXI

    Nonton LayarKaca21

    Nonton Bioskopkeren

    Nonton Film Terbaru


    Nonton Disini Drakor Terbaru

    Nonton Disini Serial MandarinTerbaru

    Nonton Disini AnimeTerbaru

    Nonton Disini Film India Terbaru

    Nonton Film Gratis

    BIOSKOP LAYAR KACA

    TERBARU DAN TERLENGKAP SILAHKAN KLIK LINK DI ATAS YA :)

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)