Apa itu Tes Serologi COVID-19?

serologi
pict by https://lifestyle.okezone.com/


Angka penderita COVID-19 di Indonesia semakin hari semakin tinggi. Untuk itu, selain upaya pencegahan penularan, pemerintah juga menganjurkan untuk melakukan tes pendeteksian potensi infeksi virus. Tes pendeteksian yang banyak kita ketahui adalah Rapid Test dan Tes PCR (Polymerase Chain Reaction atau biasa disebut Swab Test). Nah, belakangan ini ada juga tes lain yang mirip dengan Rapid Test yaitu Tes Serologi. Apa itu Tes Serologi dan bagaimana ia bekerja akan saya jelaskan dibawah. Yuk, simak baik-baik ya.


Apa Itu Tes Serologi?

Tes Serologi untuk medeteksi Covid-19 baru-baru ini dikenalkan oleh Ahmed Hassan (Country Manager Roche Diagnostics Indonesia) bersama Caroline Riady (Deputy President Director Siloam Hospital Group pada Media Briefing dengan Siloam Hospital pada Rabu (10/6). Tes ini mencari antibodi Immunoglobulin M (IgM) dan Immunoglobulin G (IgG) dalam darah yang muncul saat tubuh terinfeksi virus. Cara mendeteksinya adalah dengan mengambil sample darah pasien dan diproses di laboraturium.

Perbedaan dengan Rapid Test?

pict by https://investor.id/

Pada prinsipnya Rapid Test dan Tes Serologi sama, yaitu mendeteksi IgM dan IgG dalam darah dan akan menghasilkan reaktif atau non rekatif terhadap Covid-19. Perbedaannya adalah dalam Tes Serologi ini pengerjaannya dilakukan oleh instrumen robotik sehingga akurasi dari pengerjaan diklaim lebih baik dan deteksi antibodinya diklaim lebih objektif daripada rapid test. Tingkat sensitivitas dari tes serologi adalah 100% dengan spesifisitas 99,81 %. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan sample darah dan screening pada tes serologi adalah 18 sampai 20 menit dan proses analisis di laboraturium kurang lebih satu setengah jam.

Berapa Harga Tes Serologi?

Harga Tes Serologi lebih murah dibandingan Rapid Test. Jika harga Rapid Test berkisar Rp 300 ribu sd Rp 400 rb, maka harga Tes Serologi adalah Rp 109 ribu sd 199 ribu. Harga Tes Serologi akan lebih murah jika tes dilakukan bebarengan atau berkelompok.

Dimana Dapat Melakukan Tes Serologi?

Tes Serologi dapat dilakukan di seluruh jaringan rumah sakit Siloam di Indonesia, beberapa rumah sakit lain juga mulai mengadakan Tes Serologi seperti RS Persada di Malang. Jika teman-teman ingin melakukan covid test lainnya seperti Rapid Test atau PCR dapat melakukannya di rumah sakit terdekat atau rumah sakit rujukan.

Untuk teman-teman yang sibuk atau memiliki jadwal yang padat dan tidak sempat mengantri untuk melakukan covid test, kini halodoc menyediakan layanan covid test yang bekerjasama dengan berbagai mitra rumah sakit untuk melakukan covid test Drive Thru.

Cara Melakukan Covid-19 Test Melalui Halodoc :

pict by Halodoc

  1. Buka Aplikasi Halodoc dan pilih “COVID-19 Test”
  2. Pilih lokasi ketersediaan tes, dan pilih lokasi dan waktu yang sesuai dengan jadwal kita
  3. Upload KTP (untuk orang dewasa) dan KK (untuk anak di bawah umur)
  4. Pembayaran
  5. Setelah selesai, kita akan mendapatkan SMS konfirmasi dan SMS tersebut ditunjukkan ketika melakukan pemeriksaan nanti

Keunggulan Rapid Test Melalui Halodoc :

pict by Halodoc

  1. Cepat, bebas antre langsung dari HP
  2. Aman, buat jnaji #DiRumahAja
  3. Multi Option, Pilih Rapid Test atau PCR
  4. Tersedia di berbagai Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

Untuk Covid Test melalui Halodoc saat ini hanya tersedia di Jabodetabek. Semoga kedepannya dapat menjangkau berbagai daerah di Indonesia.

Saran saya untuk teman-teman yang memang tidak ada kepentingan untuk kerja atau apapaun, lebih baik #DiRumahAja karena dengan penerapan New Normal ini lebih banyak masyarakat yang keluar baik untuk bekerja, ke mall, atau melakukan kegiatan lain. Kita tidak tau orang yang kita temui dijalan adalah orang sehat atau reaktif, agar aman alangkah baiknya kita tetap #DiRumahAja karena yang bisa mnejaga diri kita adalah kita sendiri. Jika teman-teman bosan, saya ada beberapa tips agar terhindar dari kebosanan selama di rumah saja.

Sehat selalu
Sampai jumpa
Semoga bahagia

You Might Also Like

10 komentar

  1. Terima kasih untuk infonya.
    Kebetulan saya juga memakai aplikasi yang sama.

    BalasHapus
  2. Waah aku baru tentang tes serologi ini loh. Aku kira cuma ada Swab sama rapid test aja
    Waah membantu sekali ya Halodoc ini. aku baru tau bisa daftar dan bayar online.

    BalasHapus
  3. Wah, keren fitur aplikasinya, semoga bisa segera mencapai seluruh pelosok Indonesia ya ^^

    Btw, saya setuju, kalau tak perlu pake banget untuk keluar rumah, di masa pandemi ini, mending di rumah aja deh.

    BalasHapus
  4. Aku juga baru tau, ada tes serologi yang dimana prinsipnya hampir sama dg rapid test.
    Tp seberapa akurat perbandingan tes serologi sm rapid test ?

    BalasHapus
  5. Keren banget aplikasi halodok... Sangat memudahkan kita untuk melakukan tes serologi.

    BalasHapus
  6. Wah bagus nih ada jenis tes lain yang lebih terjangkau. Setidaknya bisa dg cepat mengetahui apakah tubuh kita punya kecenderungan terpapar virus Corona atau tidak.

    BalasHapus
  7. Wah keren nih siloam, sayangnya di bjm belum ada jaringan rs siloam ya

    BalasHapus
  8. baru dengar nih aku tes serologi apalagi hasilnya juga lebih akurat ya. semoga tes ini segera ada di rumah sakit seluruh indonesia

    BalasHapus
  9. Beuuuh sedih banget bencana ini gak ilang-ilang. Jadi susah mau kemana-mana.

    BalasHapus
  10. Baru tahu beneran soal tes serologi ini hehe. Ternyata harganya lebih terjangkau, bahkan lebih akurat dan cepat ya

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)