4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Saat Pandemi

pict by unsplash.com
 

Sudah mendekati akhir tahun nih temen-temen, pasti bakal banyak orang yang liburan akhir tahun. Tapi, mengingat hasil swab test masih banyak yang positif dan tidak kunjung berkurang, lebih baik untuk stay at home aja gak sih? Menghabiskan waktu libur untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar makin sehat saat pandemi. Nah, saya bakalan kasih tau nih beberapa cara untuk bisa meningkatkan imunitas tubuh yang bisa dilakukan sendiri di rumah lho!

1.    1. Makanan Bergizi

pict by unsplash.com


Mungkin terdengar sepele, tapi mengonsumsi makanan gizi seimbang penting banget dilakukan terlebih saat pandemi. Kamu bisa melihat saran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang makanan dengan gizi seimbang. Mulai dari porsi dan saran bahan makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol porsi makan agar bisa mendapatkan gizi maksimal.

2.   2. Olahraga

pict by unsplash.com

Seperti yang banyak orang ketahui kalau olahraga itu bisa menyehatkan tubuh. Nggak perlu ke gym, kamu bisa melakukan olahraga ringan di dalam atau pekarangan rumah. Seperti naik turun tangga, mengangkat beban ringan, mengikuti tutorial dari YouTube, atau jalan-jalan memutari rumah. Lakukan aktivitas ini minimal 30 menit setiap hari. Selain sehat, kamu bisa meningkatkan semangat untuk melakukan kegiatan seharian.

3.   3. Tidur

pict by unsplash.com

Tidur teratur penting banget agar badan tidak terlalu lelah. Dianjurkan untuk tidur 7-8 jam per hari agar bisa tetap menjaga daya tahan tubuh. Hindari menggunakan HP tepat sebelum tidur dan setelah bangun tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Hal-hal kecil yang bisa membantu adalah memilih bantal yang tidak terlalu tinggi atau terlalu tipis, mematikan lampu kamar, menyemprotkan cairan aromaterapi di bantal.

4.   4. Mengatur Stres

pict by unsplash.com

Mengatur stres tidak bisa diabaikan kalau membicarakan tentang kekebalan daya tahan tubuh. Ketika pikiran stres imunitas tubuh bisa menurun sehingga virus dan bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Jadi, olahraga seperti yoga dan tidur cukup itu juga bisa mengatur stres. Mengatur stres juga bisa dilakukan dengan melakukan hobi yang disukai, berbicara dengan orang lain, atau lainnya.

Selain hal di atas, jangan lupa untuk menghindari minum minuman beralkohol dan merokok ya. Jangan lupa kurangi aktivitas di luar rumah dan kerumunan ya! Stay safe everyone, semoga bumi segera pulih kembali.

Sampai jumpa

Semoga bahagia


You Might Also Like

5 komentar

  1. Diantara 4 cara di atas saya merasa masih kurang berolahraga. Mager banget, hiks. Semoga melakukan pekerjaan2 rumah tangga cukup menggantikannya XD

    BalasHapus
  2. Bagian tidur itu paling menyenangkan. Apalagi cuaca belakangan lumayan ekstrim. Hujan terus bikin dingin dan mager.

    BalasHapus
  3. Waduh aku kalau sebelum tidur pasti main hape dulu. Heu. Susah banget sih ya sekarang lepas dari hape ini

    BalasHapus
  4. Bener banget ini caranya. Apalagi kalo merokok, begadang dan minum minumam beralkohol nggak kita lakukan menurutku tentu hidup makin sehat, imunitas pun stabil.

    BalasHapus
  5. Menjaga daya tahan tubuh memang sangat wajib pastinya kaa apalagi disaat masih pandemi gini ya

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)