Mengenal Whey Protein, Salah Satu Makanan Penyebab Jerawat

pict by 1Health.id

Ketika sedang membaca-baca artikel tentang makanan penyebab jerawat di berbagai situs, saya penasaran dengan salah satu makanan penyebab jerawat yaitu “Whey Protein”. Jika biasanya dituliskan makanan penyebab jerawat itu makanan berminyak atau makanan cepat saji, namun mengapa Whey Protein yang notabene banyak dikonsumsi para atlet dan menjadi alternatif makanan orang-orang yang sedang berdiet dapat menyebabkan jerawat? Nah, daripada kita sama-sama bingung, mari kita sama-sama belajar di tulisan saya ini.

Apa itu Whey Protein?

Whey protein adalah salah satu komponen protein penyusun susu sapi.  Pada susu sapi tersusun dari dua jenis protein yaitu kasein dengan porsi 80% dan whey 20%. Pada pengolahan keju, bagian lemak dari susu akan mengental dan meninggalkan bagian cairnya yang kita ketahui sebagai whey. Whey ini nanti akan dikeringkan dan kemudian dan diolah menjadi bubuk susu suplemen.

Jenis-jenis Whey Protein

Ada tiga jenis Whey Protein yaitu powder, concentrate, dan isolate. Selain bentuknya yang berbeda, masing-masing jenis Whey Protein juga memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

1.       Whey Protein Powder

Whey Protein Powder adalah Whey Protein yang lebih mudah dicerna dan menyebabkan lonjakan insulin 28-43% lebih tinggi dibandingkan dengan isolate. Whey Protein Powder sering digunakan dalam industri makanan dibandingkan suplemen olahraga.

2.       Whey Protein Concentrate

Whey Protein Concentrate adalah jenis Whey Protein yang telah melewati proses pemisahan air, laktosa, dan sedikit mineral. Jenis Whey Protein inilah yang memiliki rasa yang paling enak dan yang menjadi suplemen olahraga karena juga mengandung komponen aktif.

3.       Whey Protein Isolate

Whey Protein Isolate adalah Whey Protein yang memiliki kandungan protein sebesar 90% bahkan lebih. Pada Whey jenis ini lemak dan laktosa dipisahkan seluruhnya sehingga dapat dikonsumsi oleh orang yang mengidap intoleransi laktosa. Meski kandung proteinnya tinggi, namun whey jenis ini banyak mengandung protein yang telah terdenaturasi dalam proses pengolahannya sehingga kurang efektif untuk membentuk otot.

Manfaat Whey Protein

Karena Whey Protein adalah Protein, oleh sebab itu banyak sekali manfaat apabila kita mengonsumsi Whey Protein. Whey Protein mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung asam amino yang banyak memiliki antioksidan untuk melawan penyakit. Whey Protein banyak dikonsumsi oleh atlet karena dapat membantu meningkatkan massa otot karena kandungan asam amino yang tinggi yang berperan sebagai zat pembantu.

Selain itu, Whey Protein juga banyak dikonsumsi sebagai alternatif makanan untuk orang-orang yang sedang melakukan diet karena Whey Protein dipercaya mampu menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Karena Whey Protein mampu menurunkan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan menjaga massa otot.

Whey Protein Penyebab Jerawat?

pict by JawaPost.com

Selain memiliki manfaat yang banyak, ternyata Whey Protein juga dapat menimbulkan masalah yaitu karena Whey Protein dapat menjadi sumber penyebab jerawat. Jadi bagaimana Whey Protein dapat menyebabkan jerawat?

Whey protein dapat menyebabkan jerawat karena adanya hormon IGF-1 yang juga menjadi alasan susu menyebabkan jerawat. Tingkat IGF-1 yang tinggi dapat memicu peningkatan produksi sebum (minyak). Hormon IGF-1 juga mengurangi faktor turunan FOXO1 di sel kulit. Kulit yang berjerawat biasanya kekurangan FOXO1. Alhasil, jika terlalu sering mengonsumsi susu protein akan mengurangi FOXO1 kulit rentan berjerawat.

Alasan lain adalah adanya asam amino yang yang bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi kadar insulin yang lebih tinggi. Insulin tinggi mampu meningkatkan pertumbuhan jerawat.

Nah, itu dia mengapa Whey Protein yang memiliki banyak manfaat tetapi juga memiliki efek samping yaitu salah satunya menyebabkan jerawat. Jangan sampai ketika diet kita berhasil dengan mengonsumsi Whey Protein, namun masalah baru tumbuh yaitu jerawat. Semoga kita bisa lebih bijak dalam mengonsumsi sesuatu.

Buat teman-teman yang mungkin masih belum jelas tentang Whey Protein, atau mau konsultasi diet, maupun jerawat bisa banget bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter-dokter terbaik akan memberikan teman-teman solusi yang tepat dengan harga yang bersahabat. Bila teman-teman sibukpun, dimanapun dan kapanpun teman-teman tetap bisa berkonsultasi. Jangan lupa instal aplikasinya di Playstore atau Appstore ya.

Sampai jumpa

Semoga bahagia

You Might Also Like

0 komentar

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)