7 Ide Bisnis untuk Anak Kuliahan

ide bisnis anak kuliahan
pict by Hipwee

Seorang mahasiswa dituntut untuk hidup mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain. Terlebih kebanyakan mahasiswa adalah anak perantauan. Hal tersebut membuat para mahasiswa berlomba-lomba untuk mencari pekerjaan sampingan/part time yang mampu menambah penghasilan mereka dan meringankan beban keluarga. Tidak hanya part time, bahkan banyak mahasiswa yang mencoba keberuntungannya untuk memulai usaha/bisnis ketika kuliah. Berbekal ilmu pada mata kuliah wirausaha dan tekat yang tinggi, tidak sedikit mahasiswa yang sukses dengan bisnisnya tersebut.

Jika kamu sedang mencari ide bisnis yang cocok untuk anak kuliahan, ini saya kasih 7 Ide Bisnis untuk Anak Kuliahan yang wajib banget kamu coba.

Bimbingan Belajar

Salah satu peluang bisnis yang paling cocok untuk anak kuliahan adalah jasa bimbingan belajar. Bisa bimbingan belajar untuk anak sekolah (SD, SMP, SMA) atau bimbingan belajar untuk adek-adek tingkat di jurusan. Bahkan selama pandemi saya banyak menemukan teman-teman mahasiswa yang membuka bimbingan untuk lolos SBMPTN, Simak UI, beasiswa dll. Menurut saya itu sangat kreatif sekali dan apabila sukses saya rasa usaha tersebut bisa berkembang menjadi sebuah lembaga bimbingan belajar yang besar.

Fotografer dan Videografer

Punya hobi foto-foto, video, dan editing? Saya sarankan untuk mencoba keberuntungan dengan menjadi Fotografer dan Videografer lepas. Bisa berawal dari memfotokan teman-teman sendiri untuk ulang tahun atau acara pertemuan, kemudian membuat portofolio di instagram atau web, dan mulailah mencoba menawarkan jasa untuk umum. Dulu sebelum pandemi, banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa foto untuk momen wisudanya, foto buku tahunan, dll.

Make Up Artist

Jika kamu pandai dan suka make up, coba keberuntungan untuk menjadi make up artist. Dulu teman saya berawal dari hobi make up, kemudian iseng pinjam muka temannya untuk didandani, memberanikan diri make upin temannya untuk foto ijazah, dan akhirnya kini dia sukses menjadi make up artist serta telah memiliki studio sendiri.

Kuliner

pict by Shondaland.com


Sewaktu kuliah, saya suka sekali mencoba cafe-cafe baru untuk dicicipi makanannya. Terkadang enak, tapi juga ada yang zonk. Karena saya gak mau menghabiskan uang saya untuk membeli dan berakhir zonk, akhirnya ketika dapat mata kuliah wirausaha saya beranikan diri untuk memulai bisnis kuliner. Meskipun usaha saya dulu saya lakukan ketika saya ada waktu luang, tapi saya puas dengan hasil yang saya peroleh. Apalagi kalo saya menggelutinya dengan serius. Gak usah langsung buka cafe, coba dari yang sederhana dulu misal open order untuk sarapan, menu buka puasa, dll.

Tour and Travel

Jika kamu berkuliah ditempat yang menyediakan berbagai wisata alam, coba keberuntunganmu untuk membuka bisnis tour and travel. Semua gak ada yang gak mungkin, teman saya dulu berbekal open trip kecil-kecilan ke pantai-pantai di daerah Malang, kini mereka sudah memiliki jasa tour and travel yang cukup besar di wilayah Malang. Dari pada cuma main habisin duit, kenapa gak coba main sekalian menghasilkan duit?

Event Organizer

Sebelum pandemi, banyak mahasiswa yang mengadakan event mulai dari event musik, kuliner, make up, dll. Biasanya setiap mahasiswa mencoba pengalamannya untuk menjadi panitia di event-event tersebut. Berbekal pengalam tersebut, kamu bisa loh menawarkan jasa sebagai event organizer. Mungkin dimulai dari acara sederhana seperti perayaan sweet seventeen, ulang tahun pernikahan, lamaran, dan jika sukses mulailah untuk menawarkan jasa yang lebih besar seperti acara pernikahan.

Online Shop

pict by Clodeo


Bisnis ini mungkin yang banyak diminati oleh para mahasiswa selama pandemi. Dari pada dirumah ngabisin duit beli barang di online shop, kenapa gak bikin online shop aja biar nambah pemasukan. Untuk ide bisnis ini udah banyak banget ide-ide yang diberikan di youtube, tiktok, instagram. Tinggal kamu cari aja yang sesuai dengan passionmu.

Gimana? Sudah tentukan mau jalankan bisnis yang mana sekarang? Atau masih bingung?

Kebanyakan anak kuliahan tidak berhasil menjalankan bisnisnya karena keterbatasan modal yang dimiliki. Misalnya saja mau jadi reseller baju, kamu pasti butuhkan modal untuk membeli baju tersebut dulu. Mau upgrade kamera agar lebih bagus, pasti perlu modal juga. Buat kamu yang ingin memulai usaha dan belum memiliki modal, kamu bisa banget coba pinjaman online dari tunaiku.

Apa itu Tunaiku?

pict by tunaiku


Tunaiku adalah salah satu fintech lending di Indonesia yang menawarkan jasa pinjaman uang online tanpa agungan atau KTA. Tunaiku merupakan salah satu produk dari PT Amar Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM. Tunaiku sudah beroperasi dari tahun 2014, dengan teknologi dan data analytics canggih, Tunaiku mampu melayani dengan sangat cepat dan persyaratan yang mudah.

Alasan mengapa harus memilih Tunaiku?

Peminjaman uang di tunaiku cepat, tanpa agunan dan tanpa kartu kredit cukup dengan mengisi formulir sekitar 10 menit. Pencairan berdasarkan permohonan setelah kontrak ditanda tangani. Selain itu pinjaman cicilan lebih cepat dan tanpa kena bunga. Oh ya, yang paling penting adalah kamu bisa mengajukan lewat aplikasi tunaiku yang bisa di download di smartphone.

Tidak perlu khawatir meminjam di tunaiku aman karena selain diawasi oleh OJK, tunaiku juga telah meraih sertifikasi ISO 27001. Berdasarkan informasi di websitenya, tunaiku telah menyalurkan lebih dari Rp 4 triliun pembiayaan dengan lebih dari 4,6 juta pengguna. Tunaiku memiliki slogan yaitu “We provide financial services not only to those who want but also to those who need”.

pict by tunaiku


Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih mengenai tunaiku kamu bisa cek websitenya di tunaiku.com dan mendownload aplikasi tunaiku di smartphone. Segala informasi mengenai cara pendaftaran, produk, lengkap ada disana.

Oh ya, satu pesan dari saya buat kamu yang mau meminjam online pastikan uang yang kamu pinjam itu berguna dan menghasilkan bukan hanya untuk memenuhi hedonisme.

Sampai jumpa

Semoga bahagia

You Might Also Like

0 komentar

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)