Mencicipi “Mie Ayam Haji Mahmud” Kuliner Halal Yang Melegenda dari Medan


Terkenal dengan kulinernya yang beragam dan sangat lezat, Medan memiliki salah satu makanan legend yang telah ada sejak tahun 1988 yaitu Mie Ayam Haji Mahmud. Selain legend, Mie Ayam Haji Mahmud juga merupakan pelopor mie ayam jamur halal dengan kualitas premium. Penasaran gak sepremium apa sih mie ayam ini? Apa bedanya dengan mie ayam pada umumnya? Daripada penasaran, yuk ikuti perjalanan kuliner saya kali ini.

Sejarah

Tak kenal maka tak sayang, sebelum icip-icip mari kita kenalan dulu dengan sejarah terciptanya Mie Ayam Haji Mahmud.

Berawal dari Bapak H Mahmud yang menjajakan jualannya berupa mie ayam dengan gerobak di Kota Medan pada tahun 1988. Beliau menjual mie ayam jamur dan mie ayam pangsit yang tentunya keduanya halal. Karena kelezatan mie ayam tersebut, membuat semakin banyaknya pelanggan. Akhirnya pada tahun 1990 outlet pertama Mie Ayam Haji Mahmud resmi dibuka. Outlet dengan bangunan semi permanen di depan masjid Al Jihad Medan. Dari outlet kecil tersebut, pada tahun 2000, Pak H Mahmud mampu membuka outlet permanen pertamanya di Jalan Abdulah Lubis No. 57/71 Medan.

Seiring berjalannya waktu, Mie Ayam H Mahmud berkembang pesat dari menu yang semakin banyak variannya serta cabang-cabang yang dibuka di beberapa kota di Indonesia. Tak hanya di Medan dan Pulau Jawa, bahkan Mie Ayam H Mahmud juga memiliki cabang di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Mie Ayam H Mahmud akan terus mengembangkan sayapnya hingga memiliki minimal 37 outlet di Indonesia pada tahun 2025 dan Go Internasional dengan minimal memiliki 245 outlet pada tahun 2045 (sumber : www.hajimahmud.id).

Lokasi

Mie Ayam H Mahmud Banjarbaru


Seperti yang saya jelaskan di atas, Mie Ayam H Mahmud terdapat di beberapa kota di Indonesia. Sebagai Kuliner Halal Melegenda, mie ayam ini juga hadir di Kota Banjarbaru, Kota dimana saya tinggal sekarang. Memiliki kesempatan bisa datang dan makan langsung di tempatnya adalah sebuah keberuntungan untuk saya.

Mie Ayam H Mahmud Banjarbaru terletak di Jalan Panglima Batur Depan SDN 3 Komet, Loktabat Utara, Banjarbaru. Menempati deretan sebuah ruko, lokasi resto ini sangat strategis karena berada dipinggir jalan raya dan juga di pusat Kota Banjarbaru. Sangat mudah menemukannya dengan bantuan Maps atau aplikasi lain penunjuk jalan. Selain itu, jika teman-teman berasal dari kota lain dan menggunakan transportasi umum juga sangat mudah untuk mengaksesnya. Dari terminal bus, teman-teman bisa langsung pesan ojek online. Jaraknya tidak jauh sekitar 3-4km.

Suasana Tempat Makan

Suasana di resto


Jika teman-teman datang langsung ke outlet Mie Ayam H Mahmud teman-teman tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat karena disetiap outletnya meyediakan cukup banyak meja dan kursi. Selain itu restonya juga cukup luas sehingga dengan pengunjung lain tidak dempet-dempetan. Dan yang paling utama untuk saya, mungkin juga untuk teman-teman adalah tempatnya bersih dan rapi. Tempat makan ini juga tidak panas dan sangat nyaman untuk makan bersama keluarga. Dengan tempat makan yang nyaman pasti kita juga lebih lahap menyantap lezatnya Mie Ayam Haji Mahmud.

Menu




Terkenal dengan menu mie ayam jamur dan mie ayam pangsitnya, ternyata resto Mie Ayam H Mahmud banyak menyediakan pilihan menu untuk dipilih seperti nasi goreng, chinesee food, serta minuman-minuman yang segar. Tidak usah khawatir untuk harganya, semua menu yang disajikan di resto Mie Ayam H Mahmud sangat terjangkau. Bahkan untuk saya dengan mie yang cukup banyak topingnya ini sangat murah sekali.

Cara Pemesanan

Aplikasi pesan online


Tidak mau ketinggalan dengan semakin majunya teknologi, resto Mie Ayam H Mahmud juga menyediakan pemesanan online menggunakan aplikasi. Untuk teman-teman yang mager keluar rumah bisa banget gunakan aplikasi pemesanan online ini. Selain mudah, memesan dengan menggunakan aplikasi juga menawarkan keuntungan lain yaitu diskon-diskon spesial yang hanya ada diaplikasinya.

Teman-teman bisa mendownload aplikasi resto ini di playstore, ketik “Mie H Mahmud” dan nanti langsung muncul aplikasinya. Setelah download jangan lupa daftar dan teman-teman bisa langsung gunakan aplikasinya. Karna penasaran dengan aplikasinya, saya coba pesan kuliner halal indonesia kali ini dengan aplikasi, selain mudah juga gratis ongkir.

Halaman depan aplikasi


Tak hanya itu saja, jika mendownload aplikasi kita juga bisa mendapatkan info-info seputar Mie Ayam H Mahmud seperti menu baru, lomba, dll.

Review

Menu yang saya pesan kali ini adalah Mie AJ Spesial, Tahu Balik, dan Es Mangga Yakult. Nah, saya akan berikan satu satu review makanan yang saya pesan kali ini.

Mie AJ Spesial

Mie AJ Spesial


Ini adalah menu spesial di Mie Ayam H Mahmud. Harga dari Mie AJ Spesial adalah Rp 22.727,- dan saya sudah mendapatkan mie ayam spesial yang isinya mie, sayur, ayam, jamur, pentol bakso, telur rebus, dan pangsit.

Selain tekstur mienya yang pas, tidak terlalu besar dan kecil, mienya juga tidak keras atau alot tapi tidak gampang putus. Kuah kaldunya direbus sedemikian rupa sehingga kaldu dan rempah-rempahnya menyatu dengan sempurna. Rasanya sangat segar, jika tidak suka mie manis jangan tambahkan kuah jamur banyak-banyak karena telur rebus yang diberikan adalah telur bacem yang rasanya juga manis.

Overall, ini rasanya perpaduan antara bakmie dan mie ayam. Sebagai penggemar mie saya rekomen sekali menu ini untuk teman-teman yang mau coba makanan di Mie Ayam H Mahmud.

Tahu Balik

Tahu Balik


Ini seperti tahu bakso yang kulit tahu luarnya dimasukkan kedalam dan kulit tahu dalam berada diluar. Harga menu ini Rp 13.636,- satu porsinya. Karna makanan disini tergolong makanan premium yang murah, rasa tahu baliknya pun tidak seperti rasa tahu bakso pada umumnya, lebih renyah dan tekstur isinya lembut dan berasa dagingnya. Selain itu juga ditambahkan krenyesan serta sambal kecap untuk cocolan.

Es Mangga Yakult

Es Mangga Yakult


Minuman ini sangat menyegarkan, harganya Rp 13.636,- untuk satu porsinya. Seperti nama menunya, minuman ini adalah sirup mangga yang dicampurkan dengan yakult. Asem-asem gitu tapi seger jika dipadukan dengan Mie Ayam Spesial AJ yang manis.

Kesimpulan


Saya adalah pecinta mie, baik mie ayam, bakmi, mie instan dan mie-mie lainnya. Untuk teman-teman saya pasti tau fakta ini. Karena secinta itu dengan mie, saya suka mencicipi berbagai macam mie dan karena saya sekarang tinggal di Banjarbaru tidak afdol jika saya tidak mencicipi Mie Ayam H Mahmud. Dan sejauh ini mie yang paling saya rekomendasikan di Banjarbaru adalah Mie Ayam H Mahmud. Teman-teman wajib banget coba karena ini adalah makanan yang enak di Medan dan Banjarbaru. Nah, ini saya kasih kesimpulan penilaian saya

Rasa : 4/5

Harga : 4,5/5

Tempat : 3,5/5

Pelayanan : 5/5

Oh ya, tidak lupa saya ucapkan “Selamat Ulang Tahun kepada Mie Ayam Haji Mahmud ke 33 Tahun”. Tak terasa telah menjadi salah satu legenda kuliner enak di Indonesia selama 33 tahun. Semoga semakin jaga dan semakin melegenda keseluruh penjuru dunia.

Ada video icip-icip menu diatas :



Sampai jumpa

Semoga bahagia


You Might Also Like

12 komentar

  1. Wah... Lezat tak terhingga mba ya. Pedesnya poll terlihat dari tahu baliknya. Jadi pengen nyobaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pedes kok itu tahu baliknya mbak, itu kremesan bukan cabe. Coba mbak, murah meriah tapi rasnaya lezat sekali

      Hapus
  2. Wah aku jadi penasaran sama tahu walik nya, berapa kali pengen pesan tp pas disana malah lupa, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak tahu waliknya enak banget loh, harus coba kapan-kapan

      Hapus
  3. Aplikasinya bikin gampang pesen-pesen ya. Nggak perlu nunggu lama. Senang banget makan mie ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga senneg mbak, mana banyak diskon kan

      Hapus
  4. Tempat makannya bagus, lapang, dan bersih. Ini jadi poin plus sih kalo milih tempat makan. Apalagi ditambah dengan menunya yang juga seenak ini. Juara deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ke banjarbaru jangan lupa mampir ya mbak

      Hapus
  5. Jadi pengen lagi nih makan di resto mie ayam jamur haji mahmud, karena kulinernya juga beragam.

    BalasHapus
  6. aku juga suka sama tahu baliknya mie ayam jamur haji mahmud ini. penasaran sih sama menu lain kayak bakso dan nasi ayam andalimannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga belum coba sih mbak yg nasi ayam analimannya, next berarti harus coba nih

      Hapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)