Satu Hari Menjelajah Dieng, Kemana Saja?

by - 8:18:00 PM



Setelah berbelanja di Cimory On The Valley Bawen, saya dan keluarga meneruskan perjalanan ke Wonosobo. Sekitar pukul 21.00, kami sampai di Wonosobo. Awalnya kami ingin menginap di hotel, tetapi karena ayah saya memiliki teman disana jadi kami menginap di rumah teman ayah saya. Kebetulan teman ayah saya adalah istri wakil bupati di Wonosobo, jadi kami berkesempatan untuk menginap di rumah dinas beliau.

Ini adalah kali pertama untuk saya menginap di rumah dinas pejabat daerah. Rumah yang akan menjadi tempat kami beristirahat berbeda dengan rumah yang di tinggali teman ayah saya. Kaya rumah tamu gitu deh, jadi rumahnya kaya banyak kamarnya gitu dan khusus untuk menjamu tamu. Sampai di sana kita langsung disuguhi teh hangat dan camilan. Tapi saya memilih untuk langsung mandi dan tidur karena memang lelah sekali.

Penampakan kamar yang kami tempati

ruang tamunya

ini foto sama ibu wakil bupati, pak wakilnya masih ada acara. ini temannya bapak, masih keliatan muda banget hiks. Anaknya gwanteng pula wkwk

Sayang sekali, kami gak sempat untuk melihat Golden Sunrise di Si Kunir pagi harinya. Kami terlalu lelah jadi memutuskan untuk tidak melihat Golden Sunrise dan menyusun rencana lain untuk destinasi wisatanya. Setelah selesai mandi, beberes dan sarapan, kami langsung tancap gas untuk memulai petualangan di Dieng.

Sejuknya Udara di Kawasan Candi Arjuna

kawasan Candi Arjuna

Destinasi pertama yang kami pilih adalah Candi Arjuna karena yang pertama kali dilewati. Tiket masuk di Candi Arjuna cukup terjangkau Rp 15.000/orang dan bisa langsung dipake ke Kawah Sikidang. Di Kompleks Candi Arjuna terdapat lima candi yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembrada dan Candi Srikandi.

Selain bisa melihat dan berfoto dengan bangunan candi, disini kita juga bisa berfoto dengan teletubies, pewayangan, dan kita juga bisa loh berkuda. Kalo berkuda saya kurnag tau ya berapa bayarnya, soalnya saya ya lihat dari kejauhan ada orang-orang yang berkuda gitu.

Alhamdulillah full team :D

Yang saya suka di kompleks Candi Arjuna itu suasana tenang dan sejuknya. Dikelilingi oleh bukit-bukit, membuat area Candi Arjuna menjadi sejuk dan bener-bener tempat yang cocok buat melepas penat. Belum lagi pemandangan hijaunya, bener-bener buat mata yang lelah setiap hari melihat layar komputer jadi seger.

Kawah Sikidang Dengan Pesona Belerangnya

ibooook yg mulai narsis hehe

Bingung mau ku juduli apa si Kawah Sikidang ini, yang saya ingat adalah bau belerangnya. Sampe-sampe pemandangan bagusnya rasanya terlupakan karena bau belerangnya. Saya gak kuat sih dengan baunya, mau muntah dan pingsan rasanya karena gak kuat. Padahal bagus loh pemandangannya, buat foto-foto juga keren. Yang paling lucu bisa masak telur kita disana, ada yang jualan juga. Tapi sayang karena bau belerangnya teramat sangat sungguh menyengat saya jadi Cuma lihat sebentar dan keluar karena gak betah.

Saya di kawah Sikidang sempat berfoto dibeberapa spot. Soalnya spot-spot lucu disana harus membayar untuk berfoto. Sekitar 5.000 sampai dengan 25.000. Ada juga yang foto langsung jadi, tapi saya lupa berapa harganya.

Hujan-hujan di Telaga Warna

Setelah dari Kawah Sikidang, saya dan keluarga saya pergi ke Telaga Warna. Namun sayang sekali baru masuk beberapa menit hujan turun. Akhirnya kami meneduh dan menunggu hujan. Setelah hujan sedikit reda kami memutuskan untuk mengelilingi telaga. Karena sayang aja kalo langsung pulang soalnya tiket masuk telaga lebih mahal dari yang lainnya. Sayang banget sih hujan, jadi gak banyak foto-foto disana. Padahal bagus banget tempatnya buat foto-foto. Gapapa hujan itu nikmat harus disyukuri. Semoga ada rezeki lagi biar suatu hari bisa kesana lagi dan lebih lama.

Berendam Air Hangat di Pemandian Kalianget

Ayah saya baru nyampe Wonosobo sudah request buat berendam di air hangat. Jadi setelah jalan-jalan kami mampir di Pemandian Kalianget. Disini gak Cuma berendam air hangat, buat keluarga yang punya anak kecil dan ingin berenang juga disediakan air dinginnya. Ada seluncurannya juga, jadi seru buat anak –anak bermain. Tiket masuk kolam renang dan kolam air anget 8000 kalau gak 10.000. Tapi sayang banget fasilitasnya kurang mendukung. Kamar bilas di deket kolam sangat terbatas, adapun kamar mandi letaknya jauh sekali di dekat kantin. Bahkan itupun tak terlihat karena tulisannya kurang jelas. Lahannya pun sebenarnya luas banget, sayang sekali tidak terurus. Aboretrumpun sebenarnya ada, tapi ya gitu, gak terurus.

Mie Oklok Khas Wonosobo

Tapi saya suka sekali sih kantinnya, lengkap banget dan harganya bersahabat. Gak yang dinaik-naikin gitu karena ditmpat wisata. Saya dan keluarga sempat mencoba Mie Oklok khas Wonosobo di Pemandian Kalianget, so far sih enak. Tapi rada manis gitu sih. Cuma 12.000 udah dapet Mie Oklok satu mangkok dan tiga tusuk sate, murah kan?

Setelah dari Pemandian Kalianget, kamipun langsung pulang dan gak lupa beli CARICA, oleh-oleh Khas Wonosobo. Jadi Carica ini nama buah, mirip sama pepaya tapi lebih kecil. Bisa hidupnya ditempat-tempat tertentu saja seperti Wonosobo. Kalau di Wonosobo biasanya Carica ini dibuat manisan. Tapi hati-hati ya belinya, soalnya kadang ada yang bikin batuk.

Sekian cerita liburan singkat saya dan keluarga saya. Harusnya cerita ini saya tuliskan setelah pulang dari Wonosobo, tapi kerjaan kok buanyaaaaaak buangeeet jadi baru sempat. Huhu
Semoga terhibur ya, dan jangan lupa mampir-mampir ke Wonosobo untuk liburan.

Sampai jumpa
Semoga bahagia


You May Also Like

8 comments

  1. gue kira dieng hanyalah berupa gunung doang. ternyata ada tempat wisatanya yang asik buat didatengin bareng keluarga.

    tempat pemandian air panasnya, bayar juga ya?
    kurang banyak nih fotonya, pengen liat-liat padahal
    hahah

    klo ke sini, hal yg ingin gue coba, kayaknya mie okloknya deh. keliatannya enak

    ReplyDelete
  2. Salah banget mampir kesini pas jam maksi, aku mupeng liat mie nya. Hahahaha.. Pengen ke candi juga deh. Sejuk

    ReplyDelete
  3. Wih, seneng banget kak bisa liburan bareng keluarga ke dieng begini. ku juga mauuu. Happy holiday kak ashya

    ReplyDelete
  4. Senengnya yg liburan ya huhu. Mupeng. Pernah kamu Wonosobo pas acara nikahan temen tp gak wisata. Kasian deh. Makasih infonya. Selama ini taunya gunung doang dsana

    ReplyDelete
  5. Serunya Japan sekeluarga. Dan sampai bawah jd ngiler mie okloknya. Ada lah yu di Bjb? Hee

    ReplyDelete
  6. Wah asiknya ka bisa jalan2 family time dong ya.. jadi pengen mandi air panas ��

    ReplyDelete
  7. Ternyata ashya lama nggak kelihatan karena pulang kampung ya? Penasaran euy jadinya sama dieng.

    ReplyDelete
  8. Wuahhhh happy holiday ka.
    Mie oklok nya bisa rrq pedas gak ka. Jadi leper nih huhu

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)