Jadi Guru Les Cerdas Bersama Ruangguru

by - 12:09:00 PM



Pada akhir masa kuliah saya di Universitas Brawijaya, selain saya sibuk dengan tugas akhir dan komunitas yang saya ikuti, saya juga sibuk di pekerjaan sampingan saya. Waktu itu saya memutuskan memilih menjadi guru les sebagai pekerjaan sampingan saya. Selain waktunya pas, yaitu sore sampai malam, dan kerjanya juga gak pakai shift. Beda sama kerja di cafe gitu.

Alasan lainnya yaitu saya suka sama anak kecil, dan menjadi guru les itu seakan kita juga turut serta untuk mencerdaskan anak bangsa. Dan yang paling terpenting itu adalah diajaran Islam, mengajarkan ilmu yang dimiliki termasuk salah satu amal Jariyah dimana amal tersebut tidak akan terputus meskipun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia. Ibarat di peribahasa itu sekali merengkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui.

Nah, waktu itu saya berkesempatan untuk mengajarkan adek-adek SD kelas 1 sampai dengan 6, dan SMA kelas 2. Masing-masing kelas baik itu SD Maupun SMA menurut saya ada tantanganya masing-masing. Kalo anak-anak SD ini cepet bosannya, gampang banget terdistrak untuk main kalo mereka sudah merasa bosan. Sedangkan untuk anak SMA ini tantangannya ada di saya. Kenapa? Karena saya ya lupa-lupa ingat gitu materi pelajaran SMA, apalagi kalo mata pelajarannya Fisika. Saya kaya harus belajar sendiri dulu dikosan biar gak salah nyampein materinya. Kalo salah kan berabe ya, anak orang udah bayar mahal-mahal eh diajarin yang salah.

Cara saya mengatasi kendala-kendala yang saya alami itu adalah sepulang saya dari kampus, saya mencari video-video pembelajaran yang menarik di Youtube, membuat slide presentasi latihan soal, dan tentunya belajar kembali materi-materi yang akan saya ajarkan. Duuuh, bener-bener ribet dan butuh perjuangan. Untungnya saya suka, jadi enjoy aja ngerjainnya.

Andai dulu saya udah kenal sama ruangguru ituloh bimbel online yang famaous banget, pasti gak akan seribet itu. Tinggal download, berlangganan, dan cari materi yang sesuai, selesai sudah. Apalagi sekarang ruangguru juga menyediakan ruangbelajar for desktop yang mana kita bisa instal di komputer atau laptop dan bisa langsung belajar dari sana dengan layar yang lebih besar pula.

Ruangbelajar for desktop ini sama kok dengan yang di HP/gadget, downloadnyapun juga gratis. Tapi saat ini hanya tersedia untuk Mac dan Windows. Melalui ruangbelajar for desktop kita juga dapat video pembelajaran, latihan soal dan pembahasan, serta rangkuman/infografis modul bimbel.


Oh ya, buat kamu yang mau download dan nyobain ruangbelajar for desktop kalian bisa download di https://ruangguru.com/belajar_desktop. Kemudian klik tulisan “DAPATKAN RUANGBELAJAR” dan pilih apa tipe PC/laptop kamu.


Setelah terdownload, tinggal instal deh aplikasinya. Kurang lebih satu menit setelah proses intalasi, kalian akan langsung disajikan jendela baru ruangbelajar. Tinggal masukkan email dan password ruangguru kamu.


Nanti kalian akan diminta untuk memilih kelas, nah berhubung saya mau ngasih info untuk para guru les dimanapun kalian berada, maka saya pilih yang “Pelatihan Guru – SD”. Setelah proses loading, maka kita akan disajikan banyak sekali pilihan pembelajaran seperti strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum, pembelajaran digital, dll seperti gambar dibawah ini. Tinggal pilih saja mau yang mana.


Nah, kali ini saya memilih yang “Strategi Pembelajaran” dan akan banyak sub-sub materi pembelajarannya seperti mengenali potensi otak, mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran, dll.


Kalo yang ini salah satu sub-sub materi di bagian “Kompetensi Sosial Guru” yang meliputi bagaimana cara menjadi sosok guru yang baik, menjadi guru yang memotivasi, dll.


Dan masih banyak lagi materi-meteri pembelajaran untuk guru lainnya. Sebelum mencoba menjadi guru les, alangkah baiknya kita juga belajar bagaimana cara mengajar yang benar setra startegi atau teknik menjadi guru yang baik. Jangan sampai kita salah penyampaian, atau bahkan melukai hatii siswa les kita. Meskipun kita bukan berasal dari jurusan keguruan, tapi menurut saya wajib untuk kita sebagai guru lespun mengetahui dasar-dasar bagaimana menjadi sosok guru yang baik.

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

0 comments

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)