Indahnya Pesona Bukit Rimpi, Bukit Teletubbiesnya Kalimantan Selatan



Selama bertugas di Kalimantan, tepatnya di Banjarmasin, saya baru dua kali mengunjungi tempat wisatanya. Pertama kali berkunjung ke Danau Seran dan yang kedua ke Puncak Matang Kaladan. Jadi sudah bisa dipastikanlah 10 bulan saya di Banjarmasin saya habiskan di kantor, kosan, dan mentok-mentok ke Mall.

Perbincangan iseng saya dan Ulul (teman dari Ngawi yang kebetulan juga kerja di Banjarmasin) akhirnya membuahkan rencana untuk liburan sejenak. Saya mengajak teman saya Cia (teman ODP yang kebetulan punya mobil) dan Ulul mengajak temannya Ageng. Pendek cerita kami sepakat untuk liburan ke Pelaihari hari Sabtu 22 Juni 2019.

Seperti perjalanan liburan saya sebelum-sebelumnya, pasti ada yang hampir gagal, telat, dan nyasar. Hari Kamisnya saya udah ditakut-takutin lembur dan hampir gagal liburan, untung bos saya ada acara keluarga jadi gak mungkinlah lembur di Hari Sabtu. Cerita telatnya adalah kita janjian jam 5 berangkat, tapi seperti biasa ada yang telat bangun dan itu adalah Cia. Padahal udah saya bangunin tapi doi malah tidooor lagi. Dan cerita nyasarnya adalah kami salah masuk jalan. Harusnya masuk belokan jalan depan, eh kita masuk belokan sebelumnya. Alhasil kita masuk kebun sawit dan peternakan ayam. Mana jalannya rusakkan, soalnya memang jalan kebun dan dilewati truk. Untung mobil si Cia gak selip, berabe deh kalo sampe selip dan mogok. Untungnya ada pekerja kebun yang lewat, beliau menunjukkan jalan lain menuju Bukit Rimpi.

Pemandangan sebelum nyampe puncak bukit

Pemandangan diatas bukitnya

Bukit Rimpi ini adalah Bukit yang terletak di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Bukit Rimpi juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies, karena memiliki gundukan yang menjulang seperti di serial kartun Teletubbies. Bukit ini memiliki pemandangan elok berupa hamparan savana dengan rumput-rumput hijaunya serta jika beruntung ada hewan ternak yang sedang digembala oleh warga sekitar. Benar-benar pilihan tepat untuk melepas penat dari sumpeknya kantor dan kerjaan.

Akses Jalan

Ini penampakan jalur pendakiannya

Akses menuju Bukit Rimpi tidak terlalu sulit dan jalannyapun bagus. Setelah sampai Pelaihari, arahkan kendaraan ke Tanah Bumbu. Nanti setelah masuk Desa Tampang, perhatikan sebelah kanan jalan. Nanti ada semacam banner bertuliskan “Bukit Rimpi, Bukit Teletubbies”. Nah, belok ke kanan. Memang jalannya tidak meyakinkan gitu sih, soalnya belom aspal dan kecil. Tapi tenang saja, masuk kedalam dari jalan raya tidak terlalu jauh dan jalannya mudah meskipun belom di aspal. Setelah menemukan kandang ayam, berarti sudah memasuki daerah Bukit Rimpi. Di kandang ayam itu nanti adalah tempat parkirnya. Dari kandang ayam tersebut diperlukan jalan sekitar 200 – 300 m atau 20 – 30 menit untuk mencapai puncak Bukit Rimpi. Oh ya, jalannya tanah dan agak menanjak ya, namanya juga bukit kan. Jangan dibayangkan tinggi, puncaknya gak terlalu terjal jadi jalannya juga gak yang curam. Masih aman untuk kita-kita yang gak pernah olah raga.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke Bukit Rimpi sangat terjangkau sekali. Untuk tiket masuknya Rp 5.000/orang dan parkir mobil Rp 15.000/mobil.

Fasilitas

Saya belum menemukan fasilitas seperti warung atau toilet umum. Toilet yang ada hanya toilet warga yang menjaga parkir. Saya sedikit bingung, ketika ada blog yang menjelaskan ada fasilitas disana, atau mungkin saja dulu ada tapi sekarang sudah tidak ada (?). Oh ya, diatas tidak ada warung ya, jadi saya sarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri, tapi sampahnya jangan lupa dibawa. Soalnya kemarin saya lihat ada beberapa bungkus ciki, so sad.

Ulul dan Mas Ageng

Cia dan saya

Benar-benar pemandangan di Bukit Rimpi gak ngecewain banget. Awalnya, Ulul berpesan kepada saya untuk tidak berekspetasi tinggi, takut nanti kecewa karna itu memang Cuma bukit. Tapi pas kesana, keren banget dan gak kecewa sama sekali. Bangun pagi, sempet nyasar, nanjak, semua rasa capek, benar-benar terbayar dengan segala keindahan pemandangan di Bukit Rimpi.

Buat teman-teman yang lagi sumpek kerja, pengen ngelihat yang ijo-ijo, saya saranin buat sesekali mengunjungi Bukit Rimpi.

Im so happy :D

Note :
Gambar diambil dengan kamera hape Samsung A50, tanpa editan.
Udah memang bagus tempatnya :D

Sampai Jumpa
Semoga Bahagia

You Might Also Like

11 komentar

  1. Aku belumm pernah ke bukit ini, mau ngajakin keluarga tapi pada bilang panass kalo dsnaa wkwk Ini masuknya stelah ngelewatin taman labirin ya??

    BalasHapus
  2. Cakep banget memang tempatnya ini. Belum sampai2 ke sana lagi jalan2ku. Pasti cuacanya sdg sangat cerah saat itu, biasanya hasil fotonya sgt bagus kalo lg cerah.

    BalasHapus
  3. Aduh cakep fotonya. Jadi mau deh ke sana. Beberapa kali ke pelaihari tapi nggak mampir ke situ. Mainnya ke taman labirin padahal udah dekat ya.

    BalasHapus
  4. Wahhh di pleihari ada tempat sekerenn ini ya. Boleh lah jd referensi baru hihi. Selama ini tau nya per pantai an aja huhu

    BalasHapus
  5. Dari atas uda gatel mau tanya, ini pake kamera apa. Makin yakin kayanya aku beli samsung juga. Setelah dulu pake samsung note sampe sekian tahun, kayanya mau balik ke samsung lagi deh

    BalasHapus
  6. aku malu kadang kalau ada yang mengulas wisata lokal, apalagi Pelaihari. Soalnya ortu orang sana, tapi aku lebih suka jalan-jalan ke luar >.<
    tapi bukit rimpi ini emang cakep sih. mungkin nanti pas pulang ke rumah mama bisa main kesini.

    BalasHapus
  7. Duh rame banget ini, aku dah lama gak kesini. Liat postingan ini jadi pengen jalan-jalan kesini euy, keren banget emang tempatnya. Hahaha iya disini emang gak ada warung sih kalau di atas adanya cuma rumput-rumput doang asik buat berfoto narsis

    BalasHapus
  8. Hei ashya.. Kalau kamu kesini lg.. Mampir kerumah mamakku.. Aku hidup sekian lama di pelaihari tapi gak pernah main ke bukit rimpi ini. Haha

    BalasHapus
  9. Wah keren semua fotonya kak !! Ajak2 dong kalo kesana.. soalnya Eny belum pernah hhe

    BalasHapus
  10. Wah kalsel ok juga nih, nanti kalau saya main ke tempat om di Bontang, mungkin harus diusahakan biar bisa ke sini juga
    OH iya mbak kalau mau baca seputar fotografi boleh mampir ke blog saya di gariswarnafoto(dot)com

    BalasHapus
  11. Ah serunya, aku belum pernah kesini. Huhu Katanya panas banget ya dan itu jadi bikin aku ragu mau kesana.

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)