Tips Lolos Interview/Wawancara Kerja by Skill Academy

pict by BeritaSatu.com
 

Interview/wawancara kerja adalah salah satu tahap recruitment pegawai yang sangat penting bagi perusahaan. Mengapa? Karena melalui interview/wawancara kerja ini para HRD mampu menilai layak atau tidaknya seorang kandidat bekerja di perusahaan yang dilamar. Terkadang pelamar kerja memiliki nilai yang bagus pada akademik belum tentu memiliki komunikasi atau perilaku yang bagus pula. Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk kita mampu mempelajari tips dan trik agar kita sebagai pelamar kerja mampu lolos interview/wawancara.

Sebelum saya kerja di tempat saya yang sekarang, saya banyak sekali melalui proses wawancara. Dari wawancara dengan Bahasa Indonesia, wawancara dengan Bahasa Inggris, wawancara dengan HRD, bahkan saya sudah melalui tahapan wawancara dengan petinggi perusahaan. Banyak hal yang saya pelajari ketika saya melakukan wawancara kerja. Awalnya pasti deg-degan dan belum tau apa yang harus dipersiapkan, apalagi sebagai seorang fresh graduate seperti saya. Namun dengan berlatih dan berjalannya waktu saya jadi paham apa yang seharusnya saya lakukan ketika sebelum wawancara dan ketika wawancara.

Mungkin saya belum bisa dibilang expert karena toh dari wawancara yang saya lakukan juga ada yang gagal. Tapi, tips dari saya ini setidaknya bisa membatu teman-teman yang juga fresh graduate untuk lebih siap menghadapi interview/wawancara. Yuk simak tips sederhana dari saya

Berlatih di Depan Cermin

pict by Suara.com

Jika kamu memiliki sifat pemalu, maka saya sarankan sebelum mempersiapkan bahan-bahan wawancara kamu harus berlatih pede dulu. Caranya gimana? Kamu bisa latihan ngobrol di depan cermin. Cerita saja pengalaman kuliah atau apapun, yang penting kamu bisa pede dan lancar dulu ngomongnya.

Kenali Diri-Mu

Sangat penting sekali kamu bisa mengenali dirimu karna dalam wawancara hal yang pertama kali ditanyakan adalah Ceritakan Diri Anda”. Bagaimana kamu bisa menceritakan dirimu jika kamu saja tidak mengenali dirimu. Jangan lupa kenali juga kekurangan dan kelebihan dirimu yang bisa membantu kamu menjual dirimu pada saat wawancara.

Kenali Perusahaan Yang Kamu Lamar

Sangat fatal apabila kamu melamar kerja namun kamu tidak tahu perusahaan apa yang kamu lamar. Ibarat kamu sedang melamar seseorang, kamu pasti akan mencari tahu dulukan karakter dari pasanganmu, latar belakangnya, dll. Nah, sama dengan melamar kerja. Usahakan kamu juga mengenali perusahaan yang kamu lamar, lebih baik lagi kamu juga tau job desc dari posisi yang kamu lamar.

Siapkan Pertanyaan-pertanyaan

Tips saya berikutnya adalah teman-teman siapkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan pada saat wawancara. Teman-teman bisa mencari di google, banyak sekali orang-orang menuliskan pengalaman mereka saat interview/wawancara seperti saat saya di Shoope atau TAF. Nah, setelah dapat pertanyaannya teman-teman bisa langsuh tuh cari jawabannya dan praktekkan.

Pelatihan wawancara di Skill Academy

Jika teman-teman masih belum puas dengan tips dari saya, teman-teman bisa banget Belajar Cara Sukses Interview/Wawancara Kerja di Skill Academy. Buat yang belum tau Skill Academy bisa banget cek tulisansaya yang ini. Di kelas tersebut teman teman akan mendapatkan 9 topik pembelajaran seperti :

Kenapa Wawancara Penting

Hal yang Diperhatikan oleh Pewawancara

Siap bekal Sebelum Wawancara

Di Hari Wawancara Kerja

Role Play : Menjawab Pertanyaan Wawancara

Kesalahan Umum dalam Wawancara

Setelah Wawancara Kerja

Tipe Wawancara yang Perlu Diwaspadai

Summary

Tidak hanya topik pembelajarannya saja yang sangat bagus, namun teman-teman akan diajar langsung oleh Iman Usman (Co Founder Ruangguru). Selain itu juga diberikan video pembelajaran, Sertifikat, dan Ujian. Jika teman-teman mendaftar kelas tersebut, teman-teman akan mendapatkan bonus tambahan yaitu Career Mentoring dimana teman-teman akan mendapatkan panduan membuat CV, menulis surat lamaran, dll.

Semoga sukses ya buat teman-teman yang sedang mencari kerja. Jangan lupa cerita-cerita kalo tips dari saya bermanfaat.

Sampai jumpa

Semoga bahagia

You Might Also Like

0 komentar

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)