FBB 4TH Year Anniversary “Unstoppable Creation” - Mari Jangan Berhenti Berkreasi


Selamat ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin yang ke 4, Komunitas Blogger Perempuan Pertama di Kalimantan Selatan.

Tak terasa, ini adalah perayaan ulang tahun FBB yang ke empat dan tak terasa juga saya sudah ikut merayakan selama 3 kali berturut-turut. Huhuuu, ikutan terharu :’)

Pada ulang tahunnya yang ke-empat ini, FBB memberikan tema “Unstoppable Creation” dimana FBB mengingatkan para membernya untuk “Tidak Berhenti Berkreasi” meskipun keadaan seperti sekarang ini. Meski pandemi ini membatasi kegiatan kita diluaran, tapi itu bukan berarti kita juga harus berhenti berkreasi kan? Sebagai seorang blogger, sebenarnya kita diuntungkan karena kita bisa berkreasi dimana saja dan kapan saja. Jadi pandemi bukan suatu alasan untuk berhenti berkreasi kan?


Untuk mewujudkan tema dari ultah FBB yang ke 4, komunitas blogger perempuan ini kemudian mengadakan acara Online Class dimana dalam online class tersebut FBB menghadirkan pembicara yang keren yaitu Irwin Andriyanto dan Niko Julius. Tema yang diangkat dalam online class tersebut juga sangat bermanfaat untuk para member karena berhubungan dengan perblogan dan perinstagraman. Mau tau gimana keseruan online class dalam rangka ultah Komunitas Blogger Peremepuan FBB yang ke 4? Yuk, ikuti tulisan ini sampai selesai.

Acara online class FBB diselenggarakan pada Minggu, 11 Oktober 2020 pukul 10.00 WITA yang disiarkan langsung dari Fave Hotel Banjarmasin. Karena pandemi, jadi untuk para member hadir melalui aplikasi Zoom Meeting di rumah masing-masing. Saya sangat excited banget sama online class kali ini, karena materinya menurut saya sangat relateAble dengan para member sebagai blogger dan influencer agar tidak berhenti berkreasi.

Sebelum online class dimulai, MC memulai acara rangkaian ultah FBB dengan pembukaan, penampilan video-video sponsor, dan video ucapan dari rekan blogger. Terharu banget saya bisa menghadiri ulang tahun komunitas ini tiap tahunnya, teringat dulu pertama kali event di Banjarmasin itu mengahdiri ulang tahun yang ke 2 dan masih bingung serta masih awkward sama member lainnya. Sekarang udah akrab dan rasanya seperti keluarga. Oh ya, ultah FBB kali ini bertabur banyak hadiah, sekalian belajar sekalian dapet hadiah.

Sesi 1 bersama Mas Irwin

Setelah itu, mari kita masuk ke acara inti yaitu online class. Sesi online class pertama oleh Narasumber Irwin Andriyanto yang akan membawakan materi Fundamental SEO On Page. Beliau adalah owner Tangerangdigital.id. Materi ini menurut saya snagat menarik untuk diikuti para blogger, karena klien biasanya meminta untuk DA/PA blog sebagai penilaian blognya. Untuk meningkatkan itu salah satu cara yang bisa dilakukan oleh blogger adalah meningkatkan SEO On Page. Nah, saya pernah mendapatkan kesempatan untuk ikut kelas mas Irwin ini (tulisan bisa dibaca disini) dan Alhamdulillah penilaian blog saya meningkat. Biar makin jago lagi, makanya saya gak melewatkan materi yang dibawakan Mas Irwin di online zoom meeting ini.

Garis besar materi yang disampaikan

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara dimana kita untuk mengoptimalkan blog atau website kita agar blog atau website kita dapat dengan mudah terakses di mesin pencarian Google. Nah, menurut Mas Irwin yang harus diperhatikan dalam SEO On Page itu ada 5 yaitu URL, Tittle, Description, Heading, dan Image. Sebenarnya meskipun saya sudah belajar SEO berkali-kali, ada aja hal-hal yang masih terlewat-lewat oleh saya seperti Description dan Heading. Tapi gapapa, semakin diulang semoga saya semakin paham.

Sesi 2 bersama Mas Niko

Nah, setelah kita berpusing ria dengan SEO On Page kita lanjut materi ke dua yaitu Optimalisasi Instagram Untuk Blogger yang dibawakan oleh Niko Julius. Mas Niko ini bisa dikatakan Instagram expert loh. Banyak ilmu yang saya dapatkan selama online class dengan Mas Niko seperti interaksi yang ada di instagram itu ada 4 yaitu Save, Share, Komen, Like. Kemudian Mas Niko juga menjelaskan bagaimana optimasi hastag, bagaimana cara mengupload foto yang benar, dll.

Menarik sekali kan kedua materi yang dibawakan pada acara online class Ultah FBB yang ke empat tersebut? Gak sampai disitu saja, setelah acara online class ada pembagian doorprize untuk para member. Total hadiah ulang tahun FBB ke empat ini banyak sekali, kalo dihitung-hitung senilai 14 juta lebih kayanya. Banyak kan? Nah, hadiah tersebut didapatkan dari berbagai sponsor dan media partner seperti :

  1. Mirabella Cosmetics
  2. Gloskin Banjarmasin
  3. Fave Hotel Banjarmasin
  4. Clean Well Banjarmasin
  5. Tupperware Palma Tika Raya
  6. Kebabblasan Banjarmasin
  7. Summer Bed and Breakfast
  8. Ambeer.Le Hijab
  9. 57 Kitchen
  10. My Radio Banjarbaru

Dari member dan pengurus semuanya sama-sama menikmati jalannya acara Ultah FBB yang ke empat ini. Untuk mengabadikan momen, meskipun kita berjauhan kita harus tetap berfoto bersama. Dan taraaaa, ini hasil foto bersama kita. Iya, saya gak muncul karna waktu itu lagi makan dan copot jilbab keburu kelar deh fotonya huhu.

Foto bersama

Semoga dengan digelarkan perayaan Ultah FBB yang ke 4, kita para member bisa lebih semangat lagi untuk berkreasi baik melalui tulisan atau yang lainnya. Harapannya juga FBB bisa menjadi komunitas blogger perempuan yang semakin berjaya ditahun-tahun berikutnya.

Sampai Jumpa

Semoga Bahagia

You Might Also Like

7 komentar

  1. Keren ih Mbak udah ikutan 3x acaranya FBB... Aku baru sekali ini ikutan dan itu pun enggak bisa ketemu langsung huhu. Moga nanti pan jang umur bisa ikutan lagi aamiin

    BalasHapus
  2. Wkwkwk ashya niat banget euy ngitungin jumlah hadiahnya dan yaaaa ternyata banyak ya, hihihi alhamdulillah semoga ashya selalu betah disini

    BalasHapus
  3. aku tu kadang suka keinget pas ashya duet maut mc bareng nisa pas di anniv ke 3. cucok beneran dah, ngalir gitu looh. baidewei pas anniv ke 2 kita belum kenal banget ya pas meet up.

    BalasHapus
  4. Whaha.. Hadiahnya emg banyak bgt ya shya.. Ultah terkeren sepanjang perjalanan hidup fbb nih. Salut sama pengurus baru ya

    BalasHapus
  5. iya mba setuju materinya menarik banget. Aku jadi pengen ikutan online class blogger yang lainnya

    BalasHapus
  6. keren ya acaranya tahun ini bisa menggaet narasumber yang kece. semoga blogger fbb juga makin kece ke depannya

    BalasHapus
  7. Serono kali acaranyaa, jadi kangen event offline huhu.

    Semoga kita semua makin lengket ya ka, apalgi kalo udah di anggap seperti keluarga. Jadi terharu

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)